Skip to main content

Cara Live Streaming di Twitch dengan OBS Layaknya Streamer Profesional

Cara Live Streaming di Twitch dengan OBS

Cara Live Streaming di Twitch - Bagi para pecinta game yang saat ini dipenuhi streamer sebagai pekerjaan, tentunya Anda juga penasaran mengenai bagaimana cara live streaming di Twitch dengan OBS. Memang pada jaman milenial ini semuanya serba digital dan seakan-akan sangat bergantung pada internet. Kehidupan serasa mulai berpindah ke dunia maya, sehingga interaksinya dilakukan secara online.

Live streaming memang hiburan yang sangat menyenangkan untuk ditonton bagi para pecinta game. Banyak sekali hal yang bisa didapat dari streamer profesional seperti tips dan trik bermain game yang digemari, lelucon dan candaan streamer saat bermain game, dan lain sebagainya. Banyak orang merasa asyik dengan hiburan live streaming tersebut.

Sekarang sudah mulai banyak orang yang mencari cara live streaming di Twitch dengan OBS agar bisa layaknya streamer profesional dan mendapatkan uang dari situ. Memang banyak streamer profesional yang menyarankan untuk streaming di Twitch dan menggunakan aplikasi OBS untuk melakukannya, maka mari simak berbagai tips dan trik berikut ini.

Hal yang Diperlukan Sebelum Melakukan Live Streaming

Sebagai pembukaan panduan mengenai cara live streaming di Twitch dengan OBS, tentunya Anda membutuhkan beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan live streaming layaknya streamer profesional. Hal tersebut antara lain akun Twitch, aplikasi OBS (Open Broadcaster Software), dan game yang akan Anda broadcast-kan pada saat bermain.

Twitch memang bisa dikatakan sebagai platform layanan video terbesar yang mana para penggunanya bisa melakukan live streaming dan upload video di dalamnya. Di sana kebanyakan adalah streamer game, di mana mereka bermain sebuah game sambil direkam disertai ekspresi wajah dan celotehan mereka. Pengguna Twitch sangat beragam hingga di seluruh dunia.

Ternyata, para streamer profesional di Twitch tersebut memberikan jawaban mengapa mereka menggunakan OBS sebagai aplikasi live stream mereka. Hal ini dikarenakan cara pemakaian yang mudah dan sederhana sehingga mereka tidak perlu repot-repot memakan waktu untuk mempelajarinya. OBS bisa Anda dapatkan dengan mencarinya di link download yang tepat di mesin pencarian.

1. Membuat Akun Twitch 

Sebelum Anda menerapkan cara live streaming di Twitch dengan OBS berikut ini, tentunya Anda harus mempunyai akun twitch terlebih dahulu. Apabila Anda belum mempunyai akun Twitch, Anda bisa membuka situs Twitch dan klik pada pilihan menu Sign Up di bagian sudut kanan atas untuk mendaftarkan diri.

Anda bisa memilih opsi antara menggunakan akun google atau menggunakan akun facebook pada saat mendaftar akun di Twitch. Apabila Anda sudah melewati tahap tersebut, selanjutnya Anda akan dipersilahkan untuk memilih kategori video apa yang sekiranya Anda sukai. Hal ini digunakan agar Twitch bisa memberikan beberapa rekomendasi video untuk Anda tonton.

2. Menghubungkan Open Broadcaster Software dengan Akun Twitch 

Agar Anda bisa melakukan live streaming, tentunya Anda membutuhkan software yang digunakan sebagai medianya yaitu aplikasi OBS. Namun ada detail yang perlu Anda lakukan yaitu dengan menghubungkan antara software tersebut dengan akun Twitch yang telah Anda buat tadinya. Anda akan menghubungkan keduanya dengan memasukkan stream key dari Twitch ke OBS.

Cara live streaming di Twitch dengan OBS yang telah Anda miliki di komputer maupun laptop, masuklah ke menu File lalu klik Settings. Di situ Anda harus memilih tab bertuliskan Stream yang berada di sebelah kiri window. Setelah itu akan muncul banyak pilihan, klik Streaming Services lalu pilih Twitch pada menu yang tersedia di sana.

Setelah itu Anda kembali masuk ke jendela situs Twitch, dan pada dashboard Twitch pilihlah Settings. Terdapat banyak pilihan di situ, klik pada tab Stream Key. Selanjutnya Anda tinggal klik tombol Show Key untuk memunculkan stream key yang Anda butuhkan dan nantinya dimasukkan ke dalam stream settings di OBS.

Salinlah stream key yang muncul di akun Twitch Anda tadi, lalu tempelkan pada kolom stream key yang ada pada Broadcast Settings di OBS. Anda juga bisa melakukan optimasi setelan di situ, supaya pada saat live streaming berlangsung tidak terjadi kendala apapun, lalu klik Apply sehingga Twitch dan OBS sudah terhubung.

3. Mengatur Tampilan Video dan Memulai Live Streaming Twitch dengan OBS

Setelah akun Twitch Anda sudah terhubung dengan aplikasi OBS, Anda mulai masuk ke tahap pengaturan tampilan video yang akan ditonton orang lain pada saat live streaming. Untuk memulainya, klik kanan pada menu Sources lalu pilih Add dan klik lagi Game Capture. Di sana akan muncul sebuah kotak dialog.

Langkah selanjutnya tinggal Create New lalu klik OK pada kotak dialog tersebut. Setelah itu apabila semua pengaturan dan persiapan sudah siap, klik Start Streaming untuk memulai live stream. Begitulah panduan lengkap mengenai cara live streaming di Twitch dengan OBS dengan mudah dan cepat yang bisa langsung Anda praktekkan sekarang juga.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar