5 Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak Atau Corrupt dengan Cepat

Sebagai tempat menyimpan file dokumen, keberadaan flashdisk memang sangat penting. Dan ketika perangkat ini mendadak error, cara memperbaiki flashdisk rusak atau corrupt sangat dibutuhkan. Ada banyak hal yang membuat flashdisk bermasalah seperti terlalu sering memindahkan data, terjangkit virus komputer, terkena air, ditaruh di tempat panas hingga lupa Safely Remove Hardware.

Inilah Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak Atau Corrupt

Sungguh buruk saat mendadak data-data penting dalam flashdisk tak bisa dibuka karena corrupt. Beberapa orang bahkan akan depresi berat saat flashdisk error. Karena itulah, memahami cara memperbaiki flashdisk rusak atau corrupt sangatlah penting. Tak perlu bingung atau beli baru, karena data dalam flashdisk yang rusak masih bisa diselamatkan.

Cara I: Install Ulang Driver USB

Jika flashdisk tak terbaca sama sekali, mungkin saja driver USB bermasalah sehingga Anda harus meng-install ulang seperti berikut ini:

  1. Pasang flashdisk yang tidak terbaca ke perangkat PC/laptop lalu buka menu CONTROL PANEL dan pilih HARDWARE AND SOUND
  2. Kemudian buka DEVICE MANAGER dan cari UNIVERSAL SERIAL BUS CONTROLLER. Kemudian pilih menu dropdown dan temukan USB MASS STORAGE SERVICE yang ada tanda peringatan warna kuning
  3. Klik kanan pada tanda kuning itu dan pilih UNINSTALL. Anda bisa cabut flashdisk lalu restart PC/laptop. Pasang kembali flashdisk dan jika bisa terbaca, berarti yang bermasalah memang pada driver USB. 

Cara II: Gunakan Disk Management

Jika memakai cara ini, Anda akan menghapus seluruh data dalam flashdisk. Pastikan pilih cara ini kalau data dalam flashdisk tak penting. Berikut ini tutorialnya:

  1. Pasang flashdisk pada perangkat PC/laptop
  2. Pada bagian Search Box di Taskbar bisa Anda tuliskan RUN lalu tulis ‘compmgmt.msc’ dan tekan ENTER
  3. Pada jendela menu Computer Management. Pilih menu STORAGE > DISK MANAGEMENT
  4. Agar flashdisk bisa digunakan untuk penyimpanan data lagi, langsung saja format ulang. Caranya klik kanan pada drive flashdisk dan pilih FORMAT

Cara III: Format Ulang di Command Prompt

Sama seperti cara memperbaiki flashdisk rusak atau corrupt melalui Data Management, jika memilih pakai Command Prompt (CMD), maka artinya seluruh data dalam flashdisk akan dihapus total. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pasang flashdisk pada perangkat PC/laptop
  2. Buka program CMD dengan cara klik menu START, lalu scroll ke bawah dan pilih WINDOWS SYSTEM kemudian COMMAND PROMPT
  3. Perhatikan di direktori mana flashdisk Anda berada, barulah kemudian Anda bisa lakukan peritah di CMD. Misalkan saja, flashdisk ada di F, maka tulis ‘F: /FS:FAT’. Kalau flashdisk di D, maka tulis ‘D: /FS:FAT’
  4. Tunggu beberapa saat sampai CMD memberitahu kalau proses format ulang flashdisk berhasil. Anda bisa menggunakan kembali flashdisk yang bermasalah untuk menyimpan file baru

Cara IV: Flashdisk Corrupt Karena Virus

Virus komputer adalah salah satu penyebab flashdisk jadi rusak alias corrupt. Jika AntiVirus yang dipasang pada perangkat tak berfungsi, berikut cara lain yang bisa dipakai:

  1. Klik kanan pada drive flashdisk yang sudah terpasang di komputer dan pilih PROPERTIES > TOOLS > CHECK NOW
  2. Centang semua pilihan pada jendela yang muncul dan klik tombol START lalu akan muncul pesan dan klik OK.
  3. Komputer akan melakukan restart otomatis dan selama booting, Windows bakal memperbaiki flashdisk. Jika sudah selesai, Windows akan bekerja seperti biasa dan menampilkan Desktop.
  4. Klik drive flashdisk yang bermasalah dan Anda akan menemukan folder-folder aneh. Misalkan saja FOUND 000 yang bersifat hidden. Jika tak ada, pilih menu FOLDER OPTION > SHOW HIDDEN FILES AND FOLDERS > UNCHECK HIDE PROTECTED OPERATING SYSTEM > OK
  5. Hapus folder aneh itu dan sekarang flashdisk yang bermasalah virus bisa digunakan seperti sedia kala. Jangan lupa pasang program AntiVirus terbaru sebagai langkah antisipasi

Cara V: Pakai HDD Low Level Format Tool

Ini adalah cara memperbaiki flashdisk rusak atau corrupt terakhir jika keempat sebelumnya tak bisa. Sehingga artinya, flashdisk Anda benar-benar rusak parah. Berikut tutorialnya:

  1. Unduh software HDD Low Level Format Tool yang tersedia cuma-cua di internet. Jika sudah terunduh, langsung pasang pada perangkat PC.
  2. Hubungkan flashdisk yang corrupt lalu buka aplikasi HDD Low Level Format Tool. Pilih flashdisk yang bermasalah dan klik CONTINUE.
  3. Ikuti petunjuk yang muncul pada jendela berikutnya. Kalau memang masalah flashdisk cukup berat, hapus centang di pilihan nomor dua
  4. Tunggu proses perbaikan dan jika sudah selesai, langsung cabut flashdisk tanpa perlu melewati opsi EJECT atau fitur SAFELY REMOVE HARDWARE.

Dengan banyaknya pilihan memperbaiki flashdisk yang bermasalah, Anda tentu tak perlu bingung lagi. Sehingga jika mendadak flashdisk bermasalah, langsung saja gunakan salah satu cara memperbaiki flashdisk rusak atau corrupt dan Anda bisa menyimpan file-file penting lagi.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak Atau Corrupt dengan Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel tautan link

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2 iklan 336x280

Iklan Bawah Artikel tautan link