Skip to main content

Mengulik Bagaimana Cara Mempercepat Koneksi Wifi di HP Android Sampai Akarnya

Cara Mempercepat Koneksi Wifi di HP Android

Cara Mempercepat Koneksi Wifi di HP Android - Mengakses internet menggunakan wifi di tempat umum memang sering membuat hati terasa jengkel karena lemot, maka banyak orang mencari cara mempercepat koneksi wifi di HP android untuk mengakalinya. Terkadang memang sulit juga untuk sekedar masuk ke jaringan wifi, ataupun setelah bisa masuk ke jaringan wifi namun sinyal dan koneksinya lemah.

Hal ini justru mengganggu aktivitas yang sedang Anda lakukan di smartphone, sehingga memaksa Anda untuk menggunakan kuota internet pribadi demi kelancaran koneksi internet Anda. Namun Anda tidak perlu khawatir, di sini Anda akan belajar memahami bagaimana cara mempercepat koneksi wifi di HP android agar lebih unggul kecepatannya daripada orang lain.

Beberapa Hal yang Menyebabkan Koneksi Wifi Terasa Lambat di Smartphone

Sebelum Anda masuk ke pembahasan bagaimana cara mempercepat koneksi wifi di HP android, Anda perlu mengenali terlebih dahulu apa saja hal yang dapat menyebabkan koneksi wifi terasa lambat pada saat terhubung dengan smartphone Anda. Perlu Anda ketahui bahwa sinyal wifi mempunyai jangkauan yang sangat terbatas sehingga semakin jauh akan semakin melemah.

Memang pada suatu tempat yang luas dan mengharuskan jaringan wifi untuk menjangkau koneksi lebih jauh lagi, biasanya digunakan alat yang bernama router atau repeater. Sehingga cakupan wifi bisa disalurkan lebih jauh lagi. Namun penanganan transisi tersebut tidak begitu efektif untuk digunakan di android, dikarenakan sistem jaringan android itu sendiri.

Smartphone android memang memiliki sebuah sistem yang bisa menangkap jaringan wifi dengan kekuatan seberapapu. Namun sejelek apapun sinyalnya apabila sudah terhubung maka sistem android tidak akan memutus koneksi tersebut sebelum kekuatan sinyalnya benar-benar habis. Jadi, Anda tidak akan pindah jaringan wifi secara otomatis walaupun ada jaringan yang lebih kuat.

Banyaknya jumlah orang yang menggunakan wifi dalam satu jaringan juga mempengaruhi kecepatan koneksi yang Anda terima. Pasalnya, satu koneksi wifi harus dibagi berdasarkan seluruh jumlah pengguna dalam jaringan tersebut. Maka tidak heran lagi bahwa koneksi wifi akan bertambah semakin lemot, apabila semakin banyak orang yang berada di dalam jaringan tersebut.

Cara Mempercepat Koneksi Wifi pada Android Tanpa Bantuan Aplikasi

Memang benar bahwa ada opsi yang perlu Anda coba mengenai cara mempercepat koneksi wifi di HP android tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Cara ini hanya membutuhkan sedikit otak-atik pada setelan di pengaturan HP android Anda. Langkah pertamanya yaitu masuk ke menu pengaturan lalu scroll ke bawah dan pilih menu opsi pengembang.

Tetapi apabila Anda belum pernah mengaktifkan opsi pengembang tersebut, lakukan aktivasi terlebih dahulu dengan masuk ke menu pengaturan, lalu pilih about dan terakhir klik sebanyak 7 kali pada pilihan build number. Setelah itu, akan muncul menu opsi pengembang dan Anda hanya perlu mengaktifkannya dan klik pengalihan wifi agresif ke selular.

Hanya sesederhana itu cara mempercepat koneksi wifi di HP android tanpa menggunakan aplikasi. Namun masih ada beberapa cara tambahan yang juga bisa Anda gunakan untuk mempercepat koneksi wifi, antara lain menghapus cache dan riwayat browser, serta menggunakan browser yang memiliki kemampuan akses tercepat. Dengan begitu, Anda sudah bisa bersaing kecepatan koneksi dengan orang lain.

Mengoptimalkan Kecepatan Koneksi Wifi dengan Menggunakan Bantuan Aplikasi Wifi Switcher

Selain mengubah setelah pada menu pengaturan di smartphone android, Anda juga bisa mengupayakan cara mempercepat koneksi wifi di HP android dengan menggunakan aplikasi yang dirilis developer Cloudie dengan nama Wifi Switcher. Inti dari cara kerja aplikasi ini yaitu dengan mengalihkan jaringan wifi yang lemah koneksinya untuk berpindah ke jaringan wifi yang lebih kuat.

Dengan adanya fitur semacam ini, Anda tidak perlu khawatir apabila jaringan wifi mengalami over load karena terlalu banyak penggunanya atau lain sebagainya. Anda juga bisa mengatur setelah di Wifi Switcher untuk menentukan batas bawah koneksi sebuah jaringan wifi untuk beralih ke jaringan yang lebih kuat dan stabil.

Untuk menginstal aplikasi Wifi Switcher ini, Anda bisa mencarinya di mesin pencarian google dan biasanya tersedia dalam bentuk apk yang dapat Anda unduh dari berbagai macam blog. Bisa juga Anda cari di play store, namun pastikan nama pengembangnya adalah Cloudie Development karena ada banyak aplikasi yang meniru nama Wifi Switcher.

Setelah Wifi Switcher terpasang di smartphone android, Anda perlu memberikan izin kepada aplikasi untuk mengakses lokasi Anda, sehingga bisa memindai jaringan wifi terdekat dari lokasi Anda. Selanjutnya Anda perlu mengatur daftar jaringan yang ada di sekitar Anda. Pilih wifi yang bagus dan biasa Anda pakai saja ke daftar tersebut.

Tahap selanjutnya yaitu Anda perlu menetapkan seberapa batas terendah bagi koneksi jaringan wifi untuk dialihkan agar koneksi cepat dan stabil. Memang tidak diragukan lagi kemampuan aplikasi Wifi Switcher ini dibandingkan aplikasi lain. Nyatanya, aplikasi ini merupakan produk yang paling direkomendasikan play store sebagai cara mempercepat koneksi wifi. Itulah beberapa cara mempercepat koneksi wifi di HP android yang bisa Anda praktikkan saat menggunakan Wifi pada Android.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar