Skip to main content

Anti Bingung! Seperti Ini Cara SMS Banking BRI dengan Mudah

Cara SMS Banking BRI

Cara SMS Banking BRI - Kemajuan teknologi perbankan Indonesia membuat masyarakat begitu tertarik akan informasi cara SMS Banking BRI dengan mudah. Bukan tanpa alasan kenapa informasi soal SMS Banking BRI begitu dibutuhkan, karena memang sebagai bank negara, BRI memiliki jumlah nasabah yang sangat besar. Bahkan nasabah-nasabah setia BRI ini tersebar di seluruh penjuru Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke.

Demi memberikan pelayanan maksimal soal transaksi perbankan kepada seluruh nasabah di Indonesia itulah, BRI menawarkan inovasi baru melalui SMS Banking. Seperti namanya, inovasi teknologi ini memungkinkan Anda bisa melakukan transaksi perbankan menggunakan SMS yang dapat diakses langsung lewat smartphone. Dipandang lebih efektif dan efisien, tak heran kalau orang yang ingin tahu seperti apa cara SMS Banking BRI dengan mudah makin banyak.

Keunggulan SMS Banking BRI

Sebelum tahu seperti apa sih cara SMS Banking BRI dengan mudah, Anda harus tahu terlebih dulu mengenai keunggulan dari teknologi perbankan satu ini. Berikut ulasannya:

1. Tak Perlu ke ATM

Melalui SMS Banking BRI, Anda bahkan bisa mengecek saldo tabungan melalui ponsel. Bahkan saat harus transfer mendadak ketika Subuh, Anda bisa melakukannya langsung semudah kirim SMS ke teman. Keunggulan ini jelas sangat membantu nasabah yang rumahnya berada jauh dari ATM.

2. Lebih Aman

Beberapa orang kadang khawatir kalau harus ke ATM karena takut jadi korban penodongan saat hendak cek saldo. Hal-hal seperti ini jelas tak akan Anda rasakan ketika menggunakan fitur SMS Banking BRI. Karena yang bisa mengakses fitur ini hanyalah Anda dengan nomor handphone yang terdaftar pada sistem BRI. Bahkan setelah melakukan transaksi perbankan, Anda bisa menghapus SMS tersebut dan data pribadinya bakal cuma Anda yang tahu.

3. Mudah Diakses

Dibandingkan Internet Banking, SMS Banking memang jauh lebih mudah diakses, terutama bagi Anda yang mungkin sedikit kurang paham internet dan aplikasi smartphone. Anda bahkan tak perlu menggunakan ponsel keluaran terbaru dengan sistem Android atau iOS untuk bisa memakai SMS Banking BRI. Asalkan ponsel Anda bisa menangkap sinyal SIM Card dan mampu kirim SMS, fitur ini bisa dipakai.

Untuk mengirimkan SMS Banking BRI pun ada dua caranya. Bisa menggunakan pesan teks konvensional atau menggunakan fitur SMS Toolkit pada beberapa operator yang sudah bekerjasama dengan BRI.

Dengan keunggulan yang begitu menarik, tak heran kalau jumlah peminat tata cara SMS Banking BRI dengan mudah terus bertambah. Namun sebelum belajar bagaimana menggunakan fitur SMS Banking BRI, Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dulu.

Langkah-langkah Pendaftaran SMS Banking BRI

Pada dasarnya untuk bisa menggunakan SMS Banking BRI, harus melakukan pendaftaran. Tidak sulit kok, ada dua cara yang dapat Anda pilih. Pertama adalah berkunjung ke Unit Kerja BRI atau melalui ATM BRI. Berikut ulasannya:

1. Lewat Unit Kerja BRI

Pendaftaran SMS Banking BRI dilayani di seluruh Unit Kerja BRI se-Indonesia entah Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu, Kantor Kas, Kantor Wilayah, Teras hingga Unit. Anda tinggal mengisi formulir aplikasi permohonan pendaftaran SMS Banking BRI sambil menyertakan fotokopi KTP dan kartu ATM BRI yang masih berlaku.

2. Lewat ATM BRI

Dibandingkan mendaftar di Unit Kerja BRI, pendaftaran SMS Banking BRI lebih mudah dan praktis. Tinggal masukkan kartu ATM BRI dan tekan PIN, lalu pilih menu TRANSAKSI LAIN > REGISTRASI > SMS BANKING. Anda akan diminta membuat PIN sebanyak enam digit yang boleh berbeda dengan PIN ATM. Jika sudah sukses, akan keluar struk bertuliskan informasi Anda sudah mendaftar SMS Banking BRI.

Nah, jika sudah melakukan pendaftaran, maka inilah saatnya Anda mempelajari seperti apa  cara SMS Banking BRI dengan mudah dan tepat.

Tata Cara SMS Banking BRI

Mengenalkan diri sebagai fitur perbankan yang inovatif dan bisa digunakan siapapun, untuk bisa memakai SMS Banking BRI memang sangat mudah. Setidaknya ada lima transaksi perbankan yang bisa dilakukan lewat fitur SMS Banking BRI dengan seluruhnya dikirimkan ke nomor 3300. Masing-masing transaksi perbankan memiliki format yang berbeda-beda seperti berikut ini:

1. Transfer ke Sesama Rekening BRI

TRANSFER <spasi> BRI+REKENING TUJUAN<spasi>NOMINAL<spasi>PIN

2. Transfer ke Bank Lain

TRANSFER<spasi>KODE BANK TUJUAN+NOMOR REKENING<spasi>NOMINAL<spasi>PIN

3. Cek Saldo Tabungan

SALDO<spasi>PIN

4. Beli Pulsa Token PLN Prabayar

BELI<spasi>PLNPRE<spasi>ID PLN<spasi>NOMINAL<spasi>PIN

5. Isi Pulsa HP

PULSA<spasi>HP<spasi>NOMINAL<spasi>PIN

Wajib diingat, kode PIN yang diminta adalah PIN fitur SMS Banking BRI, bukannya PIN ATM. BRI biasanya akan memberikan informasi bila ada format SMS yang diubah atau ada layanan perbankan baru yang bisa diakses lewat SMS Banking BRI.

Bagaimana? Terbukti bukan kalau menggunakan SMS Banking BRI memang jauh lebih praktis? Untuk itu bagi Anda yang enggan ribet harus bolak-balik ATM dan punya aktivitas sangat mobile, memahami cara SMS Banking BRI dengan mudah adalah solusi yang tepat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar