Skip to main content

Pasti Rugi Jika Tidak ke Tempat Wisata di Palembang, Ini Alasannya!

Tempat Wisata di Palembang - Berbicara tentang destinasi tempat wisata di Palembang, tentu saja tidak akan ada habisnya. Karena Palembang sendiri merupakan salah satu tempat yang  cocok sekali untuk pecinta selfie. Selain tidak jauh dari menu kuliner pempek, ada banyak destinasi wisata yang disajikan dengan sangat menarik sekali. Tak heran bila kemudian banyak wisatawan yang berkunjung secara beramai-ramai disini untuk menikmati keindahan wisata di Palembang.

Tempat Wisata di Palembang yang Cocok untuk Selfie

Tempat Wisata Pelembang #1 Kampung Warna-Warni


Tempat wisata yang satu ini bermula dari inovasi pemerintah setempat untuk mengubah kawasan yang padat penduduk menjadi sebuah kampung yang cantik dan bersih. Kampung ini dulunya dibangun demi menyambut kegiatan Asian Games 2018 yang lalu.

Karena potret background berwarna pelangi dan lukisan yang indah inilah yang membuat tempat wisata ini selalu ramai pengunjung. Karena nilai seninya begitu tinggi.

Tempat Wisata Pelembang #2 Kampung Arab Al Munawar


Tempat wisata di Palembang yang satu ini berdiri di area tepi sungai Musi. Desain bangunannya benar-benar sangat klasik. Karena rumah yang ada disini adalah rumah tua yang sudah berusia lebih dari 300 tahun.

Ada banyak 8 rumah tua yang dimasukkan ke dalam cagar budaya yang dirawat dengan baik sehingga membuatnya selalu terlihat bersih dan kokoh.

Tempat Wisata Palembang #3 Sungai Sekanak


Meskipun dulu disini hanyalah sebagai sungai yang kumuh, namun kini berhasil dirombak menjadi sebuah sungai yang eksotis dan menawan.

Bahkan, sungai ini kini menjadi destinasi wisata terbaik yang sering didatangi pelancong yang sedang berlibur ke Palembang. Ada banyak mural yang berwarna, lengkap dengan perahu hias yang bisa dinaiki dan telah membuat tempat ini menjadi semakin menarik lagi.

Tempat Wisata Palembang #4 Tugu Belido


Tempat wisata di Palembang yang satu ini kini menjadi icon baru di Palembang. Itu karena tinggi tugunya mencapai hingga 12 m. Tugu ini dibangun untuk memperkenalkan ikan balido kepada semua masyarakat dan wisatawan yang datang ke Palembang.

Dengan begitu, diharapkan agar semua masyarakat bisa menjaga ikan ini agar tidak punah dengan cara tidak membuang limbah secara sembarangan.

Tempat Wisata Palembang #5 De Jakabaring


Tempat wisata ini merupakan salah satu wisata dengan spot foto yang kekinian yang memiliki latar belakang berbentuk 3 dimensi. Spot foto disini bernama De Jakabaring yang berada di Komplek Graha Teknologi Jakabaring.

Disinilah Anda akan menemukan aneka tema gambar yang menarik, mulai dari panjat tebing, hutan, lumba-lumba, zombie, dan menara Eiffel. Sehingga, ini cocok sekali untuk pecinta seni.

Destinasi Wisata di Palembang  yang Menarik

Jika Anda mampir ke Palembang, maka sangat disayangkan sekali bila Anda sampai melewatkan beberapa tempat wisata alam disini. Karena ternyata ada banyak sekali tempat wisata di Palembang yang recommended sekali dan harus dikunjungi saat berkunjung ke area Sumatera Selatan. Seperti apakah destinasi wisatanya? Di  bawah ini adalah daftar tempat wisata alam yang ada di Palembang yang menarik dikunjungi, antara lain:

Tempat Wisata Palembang #6 Air Terjun Lematang Indah 


Destinasi tempat wisata di Palembang yang satu ini merupakan salah satu wisata alam andalan bagi masyarakat Palembang. Ketinggian air terjunnya mencapai 40 meter.

Selain itu, tempat ini juga sangat mudah dijangkau, karena lokasinya ada di tepi kota Pagar Alam yang ada di antara kota Pagar Alam dan kota Lahat. Sehingga, Anda bisa dengan mudahnya berkunjung kesini.

Keindahan panorama air terjunnya begitu mempesona. Karena ada banyak jalanan yang berlika-liku tajam, yang membuatnya semakin menarik. Supaya bisa mencapai ke dasar air terjunnya, ada tangga yang bisa dipakai untuk naik turun air terjun.

Sementara itu, di sebelah kiri kanan tangganya ada beberapa tempat duduk yang bisa digunakan untuk beristirahat dan ada warung makanan juga yang bisa digunakan untuk mengisi perut.

Tempat Wisata Palembang #7 Taman Hutan Wisata Punti Kayu


Untuk Anda yang ingin bermain di hutan, maka Anda wajib berkunjung ke tempat wisata di Palembang ini. Karena ini adalah satu-satunya hutan wisata yang ada di Palembang.

Dengan luas hutan sebesar 50 ha, sehingga membuat taman ini dilengkapi dengan banyak fasilitas yang menarik dan bisa menghibur semua wisatawan yang berkunjung dan singgah di taman ini.

Kampung Kapitan adalah salah satu destinasi tempat wisata yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Disinilah dulunya merupakan tempat warga Tionghoa pertama kali menetap di kota Palembang ketika tempat ini berada di bawah jajahan Belanda.

Berkat nilai seni dan budayanya itulah yang membuat tempat ini sayang untuk dilewatkan. Nilai seni dan budayanya sendiri terletak dibagian struktur bangunan rumah yang ada disini.

Karena rumah di area Kampung Kapitan ini memiliki 2 unsur budaya. Yaitu, budaya Palembang dan budaya Tionghoa. Anda bisa melihat masuknya budaya Tionghoa dari bagian teras rumah dan dalam rumah.

Sedangkan, untuk budaya Palembang bisa dilihat dari segi bangunan rumah yang berbentuk seperti limas, lengkap dengan tiang yang bertugas untuk menopang rumah. Sehingga, hal ini membuatnya patut untuk dipelajari.

Tempat Wisata Palembang #8 Air Terjun Bidadari 


Supaya bisa mencapai destinasi tempat wisata di Palembang yang satu ini, Anda bisa menggunakan kendaraan bermotor selama 15 menit jika berkunjung dari kota Lahat.

Sesampai di desa Karang, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan cara berjalan kaki melewati kebun kopi. Setelah itu, Anda bisa masuk ke dalam hutan hingga 30 menit.

Disini nanti Anda akan melihat ada 2 jalan yang bisa dipilih. Yaitu, bisa langsung pergi ke air terjun pertama, dan bisa juga melewati air terjun dari bawah. Berkat ketinggian air terjun yang mencapai 30 meter, sehingga keindahannya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Apalagi di area tepinya telah ditumbuhi oleh pohon-pohon yang rindang seperti goa. Sehingga, ini menjadikan nuansanya semakin teduh.

Tempat Wisata Palembang #9 Air Terjun Maung 


Tempat wisata di Palembang ini termasuk salah satu dari 76 buah air terjun yang ada di kabupaten Lahat. Air terjun ini begitu mempesona karena ketinggiannya hampir mencapai 80 meter.

Bahkan, sepanjang 80 meter itu pula aliran airnya dibagi oleh rumput hijau dan dinding jurang. Sehingga, hal ini membuat air terjun ini terlihat begitu eksotik.

Bisa dibilang bahwa air terjun disini keindahannya begitu luar biasa dan berbeda sekali dengan tempat wisata air terjun pada umumnya.

Karena, di sebelah kanan dari air terjun ini juga ada 2 air terjun kembar yang lain yang juga ikut serta mengalir deras. Untuk lokasinya sendiri ada di desa Padang Muaro Duo di Kec. Gumay Ulu, di Kab. Lahat.

Tempat Wisata Palembang #10 Arung Jeram Sungai Manna


Jika Anda menyukai tantangan, maka Anda harus berkunjung ke tempat wisata di Palembang ini. Karena disinilah Anda bisa menikmati sensasi arung jeram yang ada di sungai Manna yang begitu menantang. Disinilah para wisatawan nanti akan diuji dengan tingkat kesulitan yang menantang dari aliran sungai Manna ini.

Dijamin jantung Anda akan berdegub semakin kencang ketika melintasi aliran sungai yang mulai menyempit. Karena, mulanya aliran sungainya  akan cukup lebar, sementara itu 15 km selanjutnya, jalur sungainya menjadi sempit.

Bahkan, arus sungainya juga semakin deras dan bergemuruh. Sehingga, hal ini membuatnya semakin menantang bagi pecinta olahraga arung jeram di kota Palembang.

Karena jalur sungainya memang sangat jeram, lengkap dengan dinding batuannya yang padas yang terletak di pinggiran sungai. Apalagi masih ada arus yang berbentuk cekungan dan ada juga arus yang memutar.

Sehingga, hal ini membuatnya semakin menarik untuk dikunjungi. Apalagi di sebelah kanan kiri juga ada tebing-tebing yang lengkap dengan pemandangan alamnya, sehingga wisata ini tidak boleh terlewatkan.

Tempat Wisata Palembang #11 Waterpark Danau Tanah Mas 


Tempat wisata ini dulunya dijadikan untuk sarana hiburan saja. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, kini tempat ini dijadikan sebagai destinasi wisata terfavorit di palembang. Bahkan, setiap hari para wisatawan dapat menikmati jam liburannya dengan semua fasilitas yang disajikan. Misalnya saja, seperti taman dinosaurus, waterpark, dan perahu bebek. Lokasinya ada di Tanah Mas, Sukomoro.

Tempat Wisata Palembang #12 Kolam Renang Lumban Tirta 

Tempat wisata yang satu ini cocok sekali untuk Anda yang ingin berlibur bersama keluarga sambil berenang dengan biaya tiket masuk yang hemat. Anda bisa menikmati wahananya di jam setengah 9 pagi sampai dengan di jam 5 sore, dengan biaya tiket masuk sebesar 15 ribu rupiah saja. Untuk lokasinya sendiri ada di Jl. POM Kampus nomor 9.

Tempat Wisata Palembang #13 Palembang Bird Park


Disinilah nantinya Anda bisa berinteraksi secara langsung dengan burung, sekaligus menikmati kicauan burung yang merdu. Sehingga, Anda bisa mendapatkan pengalaman yang indah disana. Ada banyak sekali aneka jenis burung yang tinggal di tempat ini. Sehingga, hal ini bisa menambah pengetahuan Anda tentang macam-macam burung di kota Palembang.

Tempat Wisata Palembang #14 The Amanzi Waterpark


Destinasi tempat wisata di Palembang ini merupakan salah satu tempat wisata yang terbaru di kota Palembang yang selalu ramai oleh pengunjung, khususnya di jam liburan.

Disinilah Anda akan menikmati berbagai macam wahana yang seru dan menyenangkan. Misalnya saja, seperti cora pool, zimba, the falls yang lengkap dengan seluncuran 90 meter yang ketinggiannya 14 meter.

Selain itu, masih ada lagi the raft sepanjang 120 meter dengan ketinggian 12 meter. Kemudian, ada kolam arus river nile 500 meter, dan Kilimanjaro tower. Bahkan, jika Anda mencari wahana seru yang lainnya, dijamin Anda akan mendapatkannya disini juga.

Semuanya benar-benar seru dan menyenangkan saat Anda tiba di Amanzi Waterpark ini yang berada di Jl Tembus Alang-Alang Lebar Km 12.

Tempat Wisata Palembang #15 Fantasy Island Palembang


Destinasi wisata yang satu ini selalu ramai saat liburan tiba. Disinilah juga ada banyak sekali permainan seru dan juga menyenangkan untuk mengisi hari-hari liburan. Bahkan, bisa dibilang bahwa objek wisata yang satu ini memiliki banyak sekali permainan yang sangat lengkap.

Harga tiketnya juga cukup terjangkau. Anda dapat menikmati berbagai macam permainan seru yang mendebarkan.

Misalnya saja, seperti kolam luncur, sungai tsunami, dan juga kolam arus. Sementara itu, untuk balita juga ada kolam khusus yang kedalamannya mencapai 50 cm saja. Jadi, dijamin aman untuk anak-anak.

Sedangkan, khusus untuk pengunjung yang tidak ingin bermain basah-basahan, pengunjung masih bisa menikmati wahana bermain yang lainnya, seperti kereta gantung dan gokart. Untuk lokasinya sendiri ada di Jl. Prameswara, Palembang.

Tempat Wisata di Palembang dengan HTM Kurang Lebih 10 Ribu Rupiah

Selain dikenal dengan kelezatan pempek, kota Palembang juga memiliki banyak sekali aneka tempat wisata di Palembang yang menarik untuk dikunjungi. Ada banyak wisata alam, sejarah, dan wisata religi yang bisa dikunjungi di Palembang. Bahkan, disini juga Anda bisa menikmati banyak sekali tempat wisata yang murah meriah. Karena tiket masuknya hanya dibandrol kurang lebih 10 ribu rupiah dan ada juga yang gratis.

Tempat Wisata Palembang #16 Wisata Jembatan Ampera Palembang


landmark sepanjang 1.177 meter dengan lebar 22 meter ini dulu disebut sebagai Jembatan Bung Karno. Hal ini dilakukan sebagai upaya dalam memberikan penghargaan kepada Soekarno saat memperjuangkan keinginan masyarakat Palembang untuk membangun jembatan di atas Sungai Musi.

Karena saat ini Soekarno tidak setuju dengan nama itu, maka dari itulah tempat ini kemudian disebut Jembatan Ampera.

Tidak hanya sekedar bisa menikmati pemandangan yang indah, di tempat ini juga Anda bisa menikmati aneka kuliner yang nikmat sambil berbelanja oleh-oleh khas kota Palembang.

Karena ada Pasar Sekanak di sekitar 50 meter kawasan wisata Jembatan Ampera yang menjadi pusat makanan dan souvenir didalamnya. Bahkan, disini juga sering diadakan pementasan seni budaya yang bisa dikunjungi setiap hari secara gratis.

Tempat Wisata Palembang #17 Wisata Pulau Kemaro Palembang 


Untuk Anda yang menyukai tempat wisata bernuansa oriental dan religi, maka Anda harus berkunjung ke tempat ini secara gratis. Yaitu di tengah sungai Musi.

Disinilah Anda bisa langsung melihat klenteng yang kerap dikunjungi umat Buddha dan ada juga makam Putri Palembang yang telah menikah dengan sang Pangeran dari China.

Tak hanya itu saja, ada pagoda 9 lantai yang baru dibangun dari tahun 2006. Ada juga pohon cinta yang membuatnya populer sampai saat ini.

Karena konon dulunya saat ada seorang pasangan mengukir namanya di pohon ini, maka hubungannya bisa berlanjut sampai ke pelaminan. Selanjutnya, supaya bisa sampai ke pulau ini, Anda dapat menyewa perahu dengan tarif yang bervariasi.

Tempat Wisata Palembang #18 Wisata Sungai Musi Palembang


Sungai musi juga menjadi salah satu tempat wisata di Palembang yang wajib dikunjungi. Bahkan, tempat ini bisa juga menjadi salah satu tempat yang iconic di Palembang yang bisa dinikmati secara gratis. Anda juga bisa menemukan banyak objek wisata di tepian sungai, misalnya saja seperti Benteng Kuto Besak, Restoran Terapung, dll.

Tempat Wisata Palembang #20 Wisata Hutan Punti Kayu Palembang 


Destinasi wisata ini merupakan sebuah hutan yang letaknya dekat dengan area pusat kota. Sehingga, sangat mudah diakses.

Karena, begitu keluar dari jalur lalu lintas keramaian, Anda bisa langsung menenangkan diri di tempat ini dengan tiket masuk 5ribu - 10 ribu rupiah di antara deretan dari pohon pinus yang terletak di area 50 ha.

Menariknya lagi adalah, disini pula Anda juga bisa menikmati berbagai macam sarana wisata keluarga dan juga melakukan berbagai macam aktivitas seru yang lainnya.

Misalnya saja, dengan bersantai di gazebo, menunggang gajah dan kuda, naik perahu naga, perahu bebek, dan naik sepeda air, berenang, melihat binatang di kawasan mini zoo, hunting foto, dll.

Tempat Wisata Palembang #21 Wisata Museum Al Quran Palembang


Tidak hanya sekedar menawarkan aneka hiburan saja, disini pula Anda juga bisa mendapatkan tambahan pengetahuan tentang Al Qur’an.

Disinilah terdapat gedung yang memiliki Al Qur’an yang berasal dari ukiran kayu paling besar di dunia. Ada sebanyak 30 juz yang telah terpahat dengan sempurna dari 40 m3 kayu.

Yang membuatnya semakin menarik adalah ternyata pembuatan karya di tempat wisata di Palembang ini mencapai 7 tahun. Selain itu, sebelum dipublikasikan, Al Qur’an disini juga sempat dipajang di Masjid Agung yang ada di Palembang selama 3 tahun.

Untuk bisa menikmati keindahannya, Anda bisa membayar tiket masuknya sebesar 5 ribu rupiah di Jl. Moh Amin, kota Palembang.

Tempat Wisata Palembang #22 Monumen Perjuangan Rakyat Palembang 


Tempat wisata ini merupakan sebuah wisata sejarah yang menyimpan banyak sekali gambaran, cerita, dan peralatan yang sering digunakan ketika terjadi Perang selama 5 hari 5 malam di kota Palembang.

Karena perang itulah maka seluruh rakyat Palembang ikut dilibatkan dalam melawan penjajah. Maka dari itulah, dibuatlah monumen yang berdiri kokoh demi menyimpan barang-barang bersejarah agar selalu dikenang.

Tempat Wisata Palembang #23 Masjid Cheng Ho


Mulanya masjid ini dibangun demi menjaga hubungan yang baik di antara warga Tionghoa dengan warga Palembang. Selain itu, masjid ini juga dijadikan sebagai tempat wisata di Palembang untuk memperdalam agama Islam dan memperkenalkannya ke masyarakat setempat.

Nama Cheng Ho sendiri dipakai karena Cheng Ho adalah nama panglima angkatan laut yang berasal dari Tiongkok di abad ke-15.

Saat itu, Cheng Ho sedang melakukan sebuah ekspedisi perdagangan. Namun, secara tidak langsung kemudian beliau juga mulai memperkenalkan agama Islam di area yang disinggahinya.

Dari sinilah kemudian pengikutnya semakin banyak. Hingga kemudian dibuatlah masjid Cheng Ho ini yang kini dijadikan sebagai tempat wisata religi paling populer bagi masyarakat di kawasan Palembang.

Tempat Wisata Palembang #24 Museum Balaputra Dewa


Sama seperti namanya, karena saat Anda berkunjung ke tempat wisata di Palembang ini, Anda akan diajak untuk mengingat masa pra-sejarah. Karena didalam museum ini menyimpan banyak sekali koleksi peninggalan pra-sejarah di masa lampau.

Maka dari itulah, tempat wisata ini cocok sekali bila dijadikan sebagai destinasi wisata bagi keluarga yang ingin mendapatkan momen liburan yang menyenangkan.

Tidak hanya sekedar bisa memberikan momen liburan yang menyenangkan, di tempat ini pula Anda bisa mendapat ilmu baru untuk mengenang masa peninggalan pra-sejarah, mengenal zaman saat kerajaan Sriwijaya berdiri, sampai dengan di zaman Kesultanan Palembang.

Anda bisa berkunjung setiap hari, kecuali di hari senin. Biaya masuknya hanya sebesar seribu rupiah hingga 2 ribu rupiah.

Tempat Wisata di Palembang yang Paling Romantis Dikunjungi pada Malam Hari

Untuk Anda yang berkunjung di kota Palembang di malam hari, maka jangan bingung lagi! Karena ternyata di kota pempek ini ada banyak sekali tempat nongkrong yang menarik dikunjungi di malam hari sambil refreshing. Dengan begitu, Anda bisa bersantai di malam hari. Misalnya saja seperti aneka tempat wisata di Palembang yang akan dibahas di bawah ini:

Tempat Wisata Palembang #25 Sudirman Walk 


Tempat wisata ini terletak di Jl Jenderal Sudirman di Palembang. Di malam hari, jalanan disini bisa berubah wajah menjadi seperti Malioboro. Anda bisa menemukan aneka hiburan, seperti stand up comedy, pendas drama, cosplay konser mini, pantomim, dan juga bank lokal Palembang.

Untuk Anda yang pernah mendengar Malioboro, maka Anda tidak akan asing dengan nuansa yang dihadirkan disini.

Sudirman Walk ini memiliki banyak sekali keunikan tersendiri yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Bahkan, disini pula Anda bisa menikmati aneka hiburan secara gratis dan menyenangkan.

Tak heran bila banyak anak muda kerap menghabiskan waktu di tempat ini. Karena  disini pula ada banyak hiburan rakyat yang bisa dinikmati dengan mudah.

Tempat Wisata Palembang #26 Lorong Basah Night Culinary


Tempat wisata di Palembang yang satu ini termasuk destinasi kuliner terbaru di Palembang yang bisa dikunjungi di malam hari. Letaknya sendiri ada di Pasar 16, kota Palembang.

Di Lorong Basah inilah Anda bisa memanjakan lidah, karena ada banyak aneka kuliner disana yang bisa dipilih oleh wisatawan yang berdatangan.

Baik itu makanan khas Palembang dan juga makanan dari daerah yang lainnya. Untuk harganya sendiri juga relatif terjangkau. Maka dari itulah, akan sangat disayangkan sekali bila Anda tidak mencoba kenikmatan dari aneka kuliner di tempat ini.

Karena, bila sebelumnya Anda mengenal Galabo menjadi destinasi wisata kuliner di Solo, maka Lorong Basah inilah merupakan pusat jajanan di kota Palembang.

Tempat Wisata Palembang #27 Benteng Kuto Besak


Destinasi tempat wisata di Palembang ini terletak di tepi sungai Musi. Benteng ini bukan bangunan biasa. Karena benteng ini sudah berdiri dari ratusan tahun yang lalu.

Saat malam tiba, biasanya ada banyak pedagang pasar malam yang menawarkan sajian kuliner yang lezat dan enak. Salah satunya adalah masakan pempek.

Selain itu, masih ada lagi aneka jajanan kuliner kaki lima disana yang rasanya tak kalah lezat dari yang lain. Bahkan, rasanya akan semakin menakjubkan lagi bila Anda makan malam tepatnya di atas kapal restoran yang terapung di Benteng Kuto Besak ini.

Nuansa malamnya semakin berasa hangat dan romantis, karena disini juga ada sederetan lampu taman yang mampu merefleksikan keindahan sungai.

Tempat Wisata Palembang #28 Kambang Iwak


Destinasi tempat wisata di Palembang yang satu ini merupakan salah satu tempat favorit keluarga untuk berolahraga pagi sambil berekreasi secara gratis. Karena disinilah terdapat jogging track dan kolam seluas 750 meter yang bisa dinikmati secara gratis.

Ada juga fasilitas untuk bersantai dan tempat bermain untuk anak-anak. Di malam hari, Anda bisa berkunjung sambil bersantai dan menikmati air mancur.

Tempat Wisata Palembang #29 Air Mancur Mesjid Agung 


Destinasi tempat wisata di Palembang yang satu ini terletak di pusat kota Palembang. Air mancur disini berhasil menjadi daya tarik tersendiri untuk para pengunjung yang ingin selfie disini sambil menghabiskan waktu luang di malam hari di kota pempek ini.

Ada banyak spot foto yang instagramable yang bisa Anda dapatkan disini, karena ada kerlap-kerlip lampu yang indah.

Tempat Wisata Palembang #30 Jakabaring Sport City 


Tempat wisata di Palembang yang satu ini terletak di area Jakabaring Sport City. Dimana disinilah dijadikan sebagai contoh pertanian yang sesuai dilakukan di area Sumatera selatan.

Karena itulah, JSC kini dijadikan sebagai ajang untuk agro wisata bagi para masyarakat Palembang dan sekitarnya. Karena memang disinilah terdapat banyak sekali tanaman yang bervariasi.

Sejak dilakukan renovasi di tahun 2018 untuk Asian Games, komplek olahraga JSC ini kini semakin menarik saja untuk dikunjungi para wisatawan lokal dan manca negara.

Karena, selain ada venue olahraga, di tempat ini juga ada JSC danau dan taman yang bisa dijadikan sebagai salah satu destinasi tempat wisata di Palembang yang wajib dikunjungi.

***
Itulah informasi mengenai tempat wisata di Palembang yang bisa gudangjobs.com rekomendasikan untuk anda, selamat menikmati liburan !
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar