Skip to main content

Cara Bikin Surat Pengunduran Diri Kerja yang Profesional

Cara Bikin Surat Pengunduran Diri Kerja yang Profesional

Cara Buat Surat Pengunduran Diri Kerja - Untuk mereka yang ingin berhenti kerja, maka memahami cara buat surat pengunduran diri kerja yang benar adalah hal yang sangat penting. Apalagi jika kalian ingin memulai sebuah bisnis baru atau ingin mencoba peruntungan dengan melamar perusahaan lain. Maka perkara berhenti dari pekerjaan kalian tidak boleh dilakukan dengan asal begitu saja. Semuanya harus diselesaikan dengan profesional.

Maka dari itulah, salah satu cara terbaik untuk mengundurkan diri adalah membuat surat pengunduran diri terlebih dahulu. Ini adalah salah satu itikad baik bagi seorang karyawan yang ingin berhenti dari perusahaan secara sopan dan profesional. Untuk cara bikin surat pengunduran diri kerja itupun tidak hanya berisi tanggal pertama hingga tanggal akhir bekerja dan keterangannya saja.

Cara Buat Surat Pengunduran Diri Kerja yang Benar

Ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika ingin membuat surat pengunduran diri. Selain tanggal pertama Kamu masuk kerja sampai tanggal akhir dan keterangannya, harus disertakan pula alasan berhenti kerja dan ucapan terima kasih. Ini penting sekali agar surat pengunduran diri Kamu terlihat lebih sopan. Lebih tepatnya simak caranya dibawah ini untuk membuat surat yang benar:

1. Sertakan Alasan yang Profesional tanpa Menyinggung Siapapun

Ada banyak alasan kenapa seseorang mengundurkan diri dari tempat kerjanya. Beberapa alasan yang bijak untuk disertakan ke dalam surat pengunduran diri kalian dan terlihat masuk akal adalah sebagai berikut ini. Yaitu, berhenti karena ingin melanjutkan study. Berhenti karena ingin membuka usaha sendiri. Berhenti karena ingin mengurus keluarga, khusus untuk wanita yang telah menikah.
Berhenti karena sudah mendapat pekerjaan baru yang pas dengan passion. Berhenti karena ingin menambah pengalaman kerja di perusahaan lain. Berhenti karena mendapat tawaran kerja dari perusahaan lainnya karena salary lebih tinggi, dan masih banyak alasan lainnya. Namun yang pasti, sertakan alasan tanpa menyinggung siapapun dalam surat kalian.

2. Tulis Format Surat Resign yang Benar

Menulis surat pengunduran diri itu tidak boleh ditulis begitu saja. Ada formatnya sendiri untuk membuat surat ini. Namun, semakin sederhana, suratnya akan semakin baik. Namun meskipun begitu, tetap harus ada etika yang wajib diperhatikan dalam membuat surat. Maka dari itulah, salah satu cara bikin surat pengunduran diri kerja adalah memperhatikan poin-poin berikut ini.

Harus disertai tanggal dan tempat surat pengunduran diri yang diletakkan di kanan atas. Sedangkan nama dan alamat tujuannya bisa diletakkan di kiri atas. Selanjutnya, jangan lupa mengisinya dengan isi surat pengunduran diri dan ada nama terang, beserta tkamu tangannya. Kemudian yang terakhir adalah harus ada materainya.

3. Buat Surat Sesederhana Mungkin

Ketika menulis surat pengunduran diri, maka buatlah sesingkat mungkin dan harus fokus dengan tujuan utamanya. Sebaiknya buatlah surat yang berisi informasi yang berbentuk positif. Karena kamu sudah tidak ingin tetap dengan pekerjaanmu, maka jika isinya hanya saran dan kritik hasilnya tidak akan bermanfaat untukmu ataupun untuk atasanmu.

4. Bahasanya Harus Sopan

Satu hal yang paling penting dalam membuat surat pengunduran diri adalah harus menggunakan bahasa yang sopan dan jelas. Sebisa mungkin tulis menggunakan bahasa yang positif, baik, informatif, jangan bertele-tela dan sertakan juga alasan resign dengan jelas. Sehingga, atasan bisa tahu apa maksud dan tujuan dari surat pengunduran diri kalian tersebut.

Cara Bikin Surat Pengunduran Diri Kerja yang Salah

Selain harus memperhatikan cara membuat surat pengunduran diri yang benar, sebaiknya perhatikan juga beberapa hal yang tidak seharusnya ada dalam surat pengunduran diri. Melihat hal tersebut, dibawah ini akan kami sertakan sedikit informasi tentang apa saja yang tidak diperkenankan untuk ditulis dalam surat pengunduran diri kerja, antara lain:

Jangan pernah menulis alasan surat pengunduran diri kerja hanya, karena ada masalah pribadi dengan rekan kerja ataupun konflik dengan atasan. Sehingga, dalam surat tersebut terkesan menjelekkan atasan. Ini adalah alasan yang tidak diperbolehkan ditulis dalam surat pengunduran diri kerja. Apalagi jika kalian menulis karena cemburu dengan karir rekan kerja sampai menuduh perusahaan tidak adil. Oleh karena itu, Kamu harus tahu cara bikin surat pengunduran diri kerja yang baik.

Alasan lainnya yang tidak boleh ditulis adalah karena ikut-ikutan teman kerja yang resign lebih dulu. Beberapa alasan tersebut bisa membuat imagemu menjadi jelek. Maka dari itulah, kalaupun ingin berhenti maka berhentilah dengan cara yang benar. Buat surat pengunduran diri tanpa merugikan orang lain ataupun menyudutkan pihak lain.

Bagaimanapun juga, meskipun kamu sudah tidak menjadi bagian perusahaan lagi. Namun bukan berarti bahwa hubunganmu dengan perusahaan dan teman-teman yang ada juga putus. Tetaplah jaga hubungan dengan baik di antara karyawan yang lain. Jadi, sebelum Anda mengundurkan diri ketahui cara bikin surat pengunduran diri kerja yang baik seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar