Skip to main content

Ingin Lamaran Kerja Diterima? Inilah Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email

Inilah Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email

Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email - Tak dapat dipungkiri bila sekarang ini telah hadir banyak cara melamar pekerjaan lewat email. Hal ini tak lain karena teknologi sudah semakin berkembang. Sehingga, hal ini membuat kinerja seseorang untuk membantu personal dan perusahaan semakin berkembang. Maka dari itulah, jika dulu orang-orang melamar kerja menggunakan pos surat, kini semuanya berbeda.

Banyak perusahaan justru membuat persyaratan khusus terhadap lowongan kerja yang dibukanya untuk mengirim lamaran kerja menggunakan email. Karena cara ini dianggap lebih hemat waktu dan biaya. Artinya ini sama saja perusahaan sudah membantu mengurangi pemakaian kertas yang berlebihan. Dari sinilah kemudian banyak bermunculan cara melamar kerja lewat email.

Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email

Meskipun banyak perusahaan meminta calon pelamarnya melamar menggunakan email, ternyata tidak semua orang tahu bagaimana cara untuk melakukannya. Sehingga, meskipun mereka sudah membuatnya, perusahaan enggan untuk menerima menjadi karyawannya. Maka dari itulah, sebaiknya perhatikan cara melamar pekerjaan lewat email berikut ini untuk mengetahui poin penting dalam mengirim surat lamaran lewat email.

1. Siapkan semua dokumen yang ditentukan

Dokumen ini meliputi apa saja dokumen yang diminta pihak perusahaan. Misalnya saja, seperti warna pas foto, ijazah, KTP, CV, dll. Semua dokumen itu harus discan dan kemudian dikirim lewat email. File yang dikirimkan usahakan tidak lebih dari 2 MB.

Jangan lupa untuk membuat berkas CV yang menarik. Beberapa hal yang harus ada pada CV adalah identitas diri, pengalaman kerja, riwayat pendidikan, foto, keahlian khusus, dll. Anda bisa memakai warna selain hitam untuk warna shape ataupun dibuat berbentuk tabel. Setelah itu, pilih huruf formal, seperti arial, times new roman, dan sejenisnya.

2. Pakai email profesional

Salah satu kesalahan umum yang kerap dilakukan calon pelamar kerja adalah sering mengirim lamaran kerja memakai email yang menggunakan nama samaran atau nama alias. Karena ini sifatnya formal, seharusnya Anda menggunakan alamat email nama asli. Karena ini akan dijadikan sebagai pertimbangan perusahaan terkait dengan keformalan pelamar.

3. Ikuti standar pengirimannya

Yaitu, jangan lupa mengisi subject, body email, dan lampirannya dengan benar. Judul email atau subject ini akan mempermudah perusahaan untuk menemukan kamu. Mengingat mereka menerima banyak email lamaran dalam waktu sehari. Sehingga, buat judul email seperti yang diminta perusahaan. Pakai format email yang sudah ditentukan.

Selanjutya, dibagian isinya tulis lamarannya dengan spesifik. Sehingga, perusahaan tidak perlu mencari informasi tentang kalian lebih jauh. Namun, sebaiknya perhatikan juga beberapa hal yang seharusnya tidak ditulis dalam body email. Misalnya saja, bila kamu masih fresh graduate, sebaiknya jangan katakan kamu pernah meraih juara umum ketika SD. Tulis saja application letter pada body email.

4. Tulis dengan bahasa formal kasual dalam body email

Perekrut akan memberikan dampak yang positif kepada kalian. Kamu bisa juga membuat body email seperti business professional. Yaitu, menggunakan bahasa profesional yang sering dipakai pekerja sehari-hari. Jadi, tidak perlu terlalu formal. Cukup gunakan tata bahasa yang baik saat membuat body email.

5. Perhatikan ukuran lampirannya 

Salah satu cara melamar pekerjaan lewat email adalah harus memperhatikan dibagian resolusi lampirannya. Bila resolusinya kekecilan, ini akan membuat CV terlihat tidak menarik. Namun jika terlalu besar, perusahaan bisa kesulitan untuk melihatnya. Karena kecepatan mengunduh file itu tergantung dari ukuran filenya.

Satu hal yang harus diingat adalah, tidak hanya kalian saja yang akan mengirim surat lamaran pekerjaan lewat email. Bila kamu melampirkan lampiran yang ukurannya sangat besar, sudah pasti dibutuhkan waktu lama untuk mengunduh filenya. Sehingga, bisa saja perusahaan tidak akan membuka filemu karena butuh waktu lama untuk mengunduhnya.

Maka dari itulah, salah satu cara melamar pekerjaan lewat email adalah perhatikan alamat emailmu. Pastikan memakai nama yang jelas agar tujuannya bisa terlihat lebih professional. Kamu bisa mendukung kesuksesan surat lamaran pekerjaan kamu dengan cara membangun citra diri yang lebih baik. Agar presepsi rekruter juga baik terhadapmu.

Point Penting Setelah Melamar Kerja lewat Email

Setelah selesai membuat lamaran kerja dan mengirimnya lewat email, maka yang harus kamu lakukan adalah stay in tune to email. Karena pastinya balasannya juga melalui email. Tak jarang pula bila pelamar kerja yang sudah mengirim lamaran lewat email akan mengikuti tes pertama secara online, namun baru dibalas emailnya 1 minggu kemudian.

Ingat, teknologi itu serba cepat. Karena menggunakan email, setidaknya email akan dibalas di hari itu juga. Maka dari itulah, jika kalian menggunakan android, sinkronkan saja email kalian di HP. Kalaupun tidak ada, kalian bisa mengecek email setidaknya 2x sehari setelah mencoba cara melamar pekerjaan lewat email ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar