Skip to main content

Ini Dia Cara Membersihkan Layar Laptop dengan Aman

Cara Membersihkan Layar Laptop dengan aman

Cara Membersihkan Layar Laptop - Mungkin bagi Anda yang suka merawat barang dengan seksama, tentu sudah paham setidaknya sedikit dari bagaimana cara membersihkan layar laptop dengan aman tanpa menimbulkan resiko kerusakan sedikitpun. Laptop memang banyak orang yang memiliki dan menggunakannya mulai dari yang masih di bangku sekolah, bangku perkuliahan, maupun yang sudah berada jenjang kerja.

Rasanya laptop sudah menjadi bagian dari hidup kita, seperti halnya smartphone yang hampir setiap orang membutuhkannya. Laptop yang digunakan sehari-hari pasti tidak luput dari kotoran debu, cairan, dan lain sebagainya. Sebab itu, Anda perlu memahami cara membersihkan layar laptop berikut ini dan membagikannya ke orang lain yang membutuhkan.

Ini Tahapan Cara Membersihkan Layar Laptop

1. Pastikan Laptop Sudah dalam Keadaan Mati Terlebih Dahulu

Sebelum Anda menerapkan cara membersihkan layar laptop dengan aman, Anda harus mematikan laptop terlebih dahulu. Hal ini digunakan untuk menghindari resiko kerusakan akibat konsleting listrik yang disebabkan arus listrik yang masih mengalir di laptop bertemu langsung dengan cairan pembersih. Maka dari itu pastikan laptop sudah dalam keadaan mati sebelum dibersihkan.

2. Persiapkan Peralatan dan Cairan Pembersih Layar Laptop

Dalam membersihkan layar laptop, Anda akan membutuhkan beberapa peralatan inti yang akan digunakan antara lain kain micro fiber atau kain halus, botol semprotan, dan cairan pembersih. Anda bisa membuat sendiri cairan pembersih dan memasukkannya ke dalam botol semprotan, atau membelinya di toko terdekat seperti cairan khusus dan minyak kayu putih.

3. Bersihkan Layar Menggunakan Kain Micro Fiber yang Kering

Setelah persiapan sudah selesai dilaksanakan, cara membersihkan layar laptop dengan aman yang selanjutnya adalah Anda mulai masuk ke tahap eksekusi. Anda harus membersihkan layar laptop terlebih dahulu menggunakan kain micro fiber, hal ini dikarenakan kain tersebut mampu menyerap debu yang ada pada layar laptop tanpa meninggalkan goresan sedikitpun. Lakukanlah gerakan yang halus dan lembut hingga merata ke seluruh permukaan.

Dalam tahap ini, Anda tidak disarankan untuk menggunakan sesuatu yang berbahan dari kertas seperti tisu, serbet kertas, dan sebagainya. Hal ini dikarenakan segala bahan kertas cukup sulit untuk mengangkat noda sehingga debu yang menempel pada layar laptop hanya akan tergeser dan menimbulkan goresan akibat tekanan yang diberikan pada saat mengelap.

4. Membasahi Kain yang Akan Digunakan untuk Mengelap Layar Laptop

Setelah Anda memastikan bahwa debu yang menempel di permukaan layar laptop sudah terangkat, maka tahap cara membersihkan layar laptop dengan aman selanjutnya yaitu membasahi kain yang akan Anda gunakan untuk mengelap layar laptop. Layaknya orang yang membersihkan lantai, setelah disapu maka untuk finishing-nya dilakukan pengepelan. Anda bisa menggunakan cairan yang tadi sudah Anda persiapkan.

Anda bisa membuat cairan sendiri dari air suling dan cuka putih tawar. Kedua larutan tersebut sangat direkomendasikan bagi para peneliti karena bebas dari zat kimia yang dapat merusak layar laptop. Anda juga bisa menggunakan minyak kayu putih untuk membersihkan layar laptop dan hindari penggunaan cairan yang mengandung alkohol serta amonia.

Anda dilarang keras untuk langsung menyemprotkan atau mengaplikasikan cairan langsung ke layar laptop tanpa perantara sebuah kain terlebih dahulu. Hal ini dapat merusak layar laptop dikarenakan serapan yang berlebihan sehingga menimbulkan bercak yang tidak bisa dihilangkan dan resiko konsleting nantinya. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan perantara kain terlebih dahulu.

5. Usapkan Kain yang Telah Diberi Cairan Secara Perlahan ke Layar

Dalam menerapkan cara membersihkan layar laptop dengan aman, tentunya Anda sebagai pemeran utama dalam melakukannya harus berhati-hati saat membersihkan. Usapkan kain yang tadinya telah dibasahi secara perlahan, Anda bisa lakukan gerakan memutar agar tekanan yang diberikan pada layar juga tidak berlebihan atau lakukanlah gerakan satu arah secara vertical maupun horizontal.

Ada beberapa resiko yang bisa timbul akibat kecerobohan Anda dalam tahap ini antara lain layar laptop pecah, layar laptop rusak sebagian, muncul goresan akibat masih ada debu yang tersisa, dan lain sebagainya. Banyak kemungkinan yang bisa terjadi apabila Anda tidak berhati-hati, mengingat layar laptop merupakan bagian yang vital dan ringkih.

6. Diamkan Beberapa Saat dan Biarkan Layar Laptop Mengering dengan Sendirinya

Setelah Anda selesai membersihkan layar laptop dengan menggunakan kain yang lembab, maka selesai sudah tahap membersihkan layar laptop dengan cara aman yang telah Anda lakukan sendiri. Namun sebagai catatan tambahan, biasanya layar laptop yang telah Anda usapi kain lembab masih tertinggal sedikit cairan pembersih di layar laptop tersebut.

Diamkan saja laptop dalam keadaan terbuka selama beberapa saat dan biarkan layar laptop mengering dengan sendirinya. Sebelum Anda gunakan beraktivitas, pastikan kembali bahwa seluruh permukaan layar laptop sudah kering dan bersih. Dengan begitu selesai sudah panduan mengenai cara membersihkan layar laptop dengan aman yang bisa Anda praktekkan sendiri di rumah.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar