Skip to main content

Begini Cara Membuat Paspor dan Visa Secara Online Yang Mudah

Inilah Cara Membuat Paspor dan Visa Secara Online

Cara Membuat Paspor dan Visa - Memahami cara membuat paspor dan visa itu hukumnya wajib jika kalian gemar traveling ke luar negeri. Karena saat kalian pergi ke luar negeri, maka kalian tidak hanya sekedar bermodalkan biaya dan rencana perjalanan saja. Kamu butuh paspor dan visa sat singgah ke negeri orang. Tanpa itu, kamu tidak bisa kemana-mana meskipun persiapannya sudah matang semua.

Tapi, apa sih paspor dan visa itu? Paspor adalah dokumen wajib saat singgah ke negeri orang. Paspor ini dikeluarkan resmi oleh negara kepada setiap warganya yang telah mengajukan permohonan sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang ada. Setiap paspor berisi tentang identitas pemegangnya. Paspor ini hanya bisa dipakai oleh orang yang bersangkutan yang tertulis didalamnya saja.

Sedangkan visa adalah cara untuk masuk ke negara tujuan secara legal. Jadi, ini juga dokumen resmi negara yang akan menjadi destinasimu. Mendapat visa berarti kamu dapat masuk ke negara itu secara legal. Untuk tujuan wisata, ada 2 jenis visa berdasarkan negara tujuannya, yaitu visa on arrival dan juga visa pre arrival. Semua ada kelebihannya tersendiri.

Cara Membuat Paspor dan Visa Lewat Aplikasi

Sekarang ini, kamu bisa menggunakan cara membuat paspor dan visa ini secaara online memakai aplikasi bila ingin mendapat antrian paspornya. Nomor antrian ini nanti yang akan ditunjukkan ke petugas layanan paspor untuk dilakukan proses pembuatan dan perpanjangan lebih lanjut. Dibawah ini adalah panduan langkah-langkah membuat paspor dan visa secara online lewat aplikasi, antara lain:

1. Unduh Aplikasi. Jangan lupa unduh aplikasinya dulu di play store, bernama antrian paspor. Selanjutnya, lakukan pendaftaran di aplikasi dan isi kolomnya dengan benar. Setelah itu, kamu bisa login dan pilih jadwal pembuatannya dan waktunya. Ingat, setiap layanan paspor itu ada kuotanya, maka pilih lokasi yang ada dalam laman ini.

2. Pilih kantor imigrasi. Bila kuotanya belum penuh, kamu bisa memilih waktu untuk mengurus paspor secara langsung. Kalian bisa memilih 3 pilihan waktu. Setidaknya datang 15 menit lebih awal, karena kamu masih harus menyerahkan berkas yang akan dicek petugas sebelum akhirnya kamu dipanggil. Setelah itu, cek jadwal dalam laman user dan periksa data beserta jadwalnya.

Dengan jadwal inilah kalian akan mendapat QR code untuk disampaikan ke petugas paspor. Setelah itu, barulah datang ke kantor imigrasi yang terdekat. Di tanggal yang sudah ditetapkan, kunjungi kantor pilihanmu sesuai jadwal bukanya. Pastikan semua dokumen persyaratannya ada tanda terima permohonan dan bukti pembayarannya. Selain itu, berpakaianlah yang sopan dan rapi.

3. Foto, pengambilan biometrik, verifikasi berkas, dan wawancara. Di kantor imigrasi ini nanti kamu akan mengantri dan diwawancara untuk tujuan pembuatan paspor dan visa. Kemudian, kamu akan difoto secara bersamaan dengan verifikasi dokumen dan pengambilan biometrik lewat sidik jari.

Selanjutnya, kalian akan mendapat bukti pembayaran lengkap dengan kode dan nomor rekeningnya untuk membayar paspornya.

4. Lakukan Pembayaran. Bayar biaya pembuatannya ke nomor rekening yang sudah ditentukan. Jangan lupa membawa bukti pengauan paspornya, bila kau membayarnya ke ATP, pilihlah menu pembayaran yang ada di ATM dan masukkan saja kode pembayaran dan nomor permohonannya. Untuk pembuatan baru ataupun perpanjangan paspor biasa ini biasanya jumlah halamannya ada 48 halaman.

Sedangkan biayanya adalah sebesar Rp 355.000, -. Sedangkan biaya administrasi bank biasanya sebesar Rp 5.000, -. Jadi, jika dijumlahkan secara keseluruhan totalnya adalah Rp 360.000, -. Bila sudah, maka 3 sampai 4 hari kerja kalian bisa datang ke lokasi tempat mengajukan paspor untuk mengambil paspor, karena paspor dan visa sudah jadi.

Cara Membuat Paspor dan Visa Lewat Website

Ada lagi cara membuat paspor dan visa lainnya lewat website, yaitu menggunakan PC ataupun smartphone. Caranya daftar dulu untuk mendapatkan nomor antriannya secara online. Setelah itu, kunjungi kantor imigrasi untuk melakukan proses berikutnya. Lebih lengkapnya kunjungi saja website antrian paspor secara online dan pastikan memakai browser Google Chrome agar lebih ringan.

Setelah itu, segera lakukan pendaftaran online. Namun, bila kalian sudah mempunyai akun sebelumnya, langsung masukkan detail akunnya secara online untuk login. Namun jika belum mempunyai akun, kalian bisa login lewat akun gmail dan juga akun Fb. Kalian bisa memilihnya salah satu. Setelah itu, isi semua data dalam registrasi form dan langsung login menggunakan akun tersebut.

Bila sudah, pilih tanggalnya dan datangi lokasi kantor pembuatannya. Pastikan kalian memilih kantor imigrasi yang paling dekat dengan kalian. Sehingga, kalian bisa melakukan prosesnya lebih mudah dan tidak memberatkan kalian. Kemudian, tinggal isi tanggal dan waktu pilihannya. Kemudian, datangi kantornya dan lakukan hal yang sama seperti cara membuat paspor dan visa agar proses pembuatan menjadi lebih mudah.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar