Skip to main content

Kupas Tuntas Cara Mudah Mengontrol PC dengan Smartphone Tanpa Ribet

Inilah Cara Mengontrol PC dengan Smartphone

Cara Mengontrol PC dengan Smartphone - Pada era modern yang dipenuhi teknologi digital ini, ternyata banyak sekali orang yang penasaran dan mencari di internet mengenai cara mudah mengontrol PC dengan smartphone, untuk memudahkan aktivitas sehari-hari. Memang saat ini hampir di setiap kegiatan manusia sudah menggunakan yang namanya teknologi untuk menunjang kemudahan dalam melakukan suatu hal.

Dengan adanya peran teknologi digital, pekerjaan yang dilakukan pun juga terasa lebih praktis terutama bagi Anda yang bekerja di dalam ruangan. Hampir semua pekerjaan yang berada di dalam ruangan kinerjanya didukung oleh PC dan smartphone. Agar dapat mengoperasikan keduanya dengan sederhana, pahamilah cara mudah mengontrol PC dengan smartphone berikut ini.

Cara Mengontrol PC dengan Smartphone Menggunakan Aplikasi KiwiMote

Tips pertama yang bisa Anda terapkan langsung yaitu dengan bantuan aplikasi KiwiMote. Aplikasi ini memang sudah cukup terkenal di play store dengan rating yang tinggi dan review yang bagus dari para penggunanya. Anda bisa menggunakan KiwiMote untuk mengendalikan PC, namun harus memenuhi beberapa kriteria agar PC dan smartphone bisa tersambung.

Beberapa kriteria tersebut antara lain PC dan smartphone harus terhubung ke sebuah koneksi wifi yang sama, setelah itu Anda perlu memindai QR code yang muncul di layar PC Anda. Hanya dengan cara mudah mengontrol PC dengan smartphone sederhana tersebut Anda sudah bisa mengontrolnya untuk dijadikan sebagai mouse, keyboard, gamepad, dan lain sebagainya.

Aplikasi KiwiMote memang tersedia di play store secara gratis tanpa harus mengeluarkan biaya sekalipun, namun Anda harus menerima konsekuensi akan kerapnya iklan yang muncul pada saat menggunakan aplikasi tersebut. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, iklan yang muncul tidak mengganggu kinerja Anda dan frekuensi kemunculan iklan tersebut masih bisa untuk dimaklumi.

Anda bisa mengunduh aplikasi KiwiMote di play store, setelahnya Anda perlu membuat akun untuk masuk ke dalamnya. Pada PC, Anda juga harus menginstall Java terlebih dahulu sebelum melakukan kontrol remote melalui smartphone. Selain menggunakan QR code, Anda juga bisa menghubungkan keduanya dengan IP, Port ataupun PIN unik yang Anda buat.

Cara Mengontrol PC dengan Smartphone Menggunakan Aplikasi Unified Remote

Menggunakan Unified Remote untuk mengendalikan PC dengan smartphone memang salah satu pilihan yang tepat dikarenakan sepak terjangnya di bidang tersebut sudahlah bertahun-tahun. Bahkan, aplikasi Unified Remote ini juga didukung berbagai fitur yang bisa digunakan untuk PC berbasis operasional Windows, Linux, dan Mac. Sehingga memudahkan penggunanya dalam mengendalikan berbagai jenis PC.

Untuk mengendalikan PC dengan smartphone, Anda bisa memilih menghubungkan keduanya menggunakan koneksi wifi atau bluetooth. Banyak sekali fitur yang bisa Anda gunakan dalam Unified Remote, seperti mengakses file di PC, mengendalikan mouse dan keyboard, dan mengatur penyetelan media. Anda juga bisa mengendalikan PC untuk shutdown, restart, sleep, hibernate, dan sebagainya.

Anda bisa mendapatkan aplikasi Unified Remote dengan menginstalnya di play store dan mendaftarkan akun untuk masuk ke dalam aplikasi tersebut. Unified Remote memang bisa diunduh secara gratis, namun untuk menikmati fitur tambahannya Anda harus melakukan upgrade ke versi premium. Pada versi gratis dari Unified Remote terdapat iklan dan fiturnya terbatas.

Pada versi premium Unified Remote, ada banyak fitur yang bisa Anda gunakan salah satunya adalah floating remotes. Fitur ini memungkinkan Anda sebagai cara mudah mengontrol PC dengan smartphone walaupun Anda sedang menggunakan aplikasi lain. Fitur tambahan yang berbayar bagi pengguna Android antara lain custom remote, perintah suara, support widget, dan masih banyak lagi lainnya.

Cara Mengontrol PC dengan Smartphone Menggunakan Chrome Remote Desktop

Aplikasi Chrome Remote Desktop merupakan sebuah aplikasi yang dirilis oleh Google yang dapat digunakan, sebagai cara mudah mengontrol PC dengan smartphone yang ada di genggaman Anda. Memang perusahaan Google dari dulu sudah terkenal selalu menghadirkan berbagai inovasi dan teknologi baru yang dapat menunjang kinerja manusia sehari-hari.

Cara menggunakan Chrome Remote Desktop ternyata sangatlah mudah. Pertama, Anda cukup menggunakan browser Chrome dari Google pada PC Windows, Mac, maupun Linux yang Anda miliki. Setelah itu, Anda hanya perlu menginstal Chrome Remote Desktop tersebut dengan cara mencarinya di Chrome Web Store. Hal tersebut hanyalah satu-satunya persyaratan yang perlu dilakukan.

Setelah Anda melakukan hal tersebut, Anda hanya perlu untuk login melalui akun Google Anda yang sama antara akun di smartphone dengan akun di PC. Apabila Anda sudah melakukan pencocokan, secara sekejap Anda telah selesai melalui proses penghubungan kedua device. Anda sudah bisa secara langsung mengendalikan PC dengan menggunakan smartphone Anda.

Memang cara terakhir ini terkesan lebih mudah daripada cara-cara sebelumnya. Bukannya menganggap aplikasi yang lain tidak bagus, namun Google memang selalu mencari jalan untuk menciptakan sebuah inovasi yang bisa menyederhanakan segala keperluan Anda. Dengan berbagai tips di atas, Anda bisa langsung menerapkan cara mudah mengontrol PC dengan smartphone kapan saja.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar