Skip to main content

Ini Dia Cara Merawat Lovebird untuk Mengikuti Perlombaan!

Cara Merawat Lovebird untuk perlombaan

Cara Merawat Lovebird - Sudah tahu bagaimana cara merawat lovebird? Burung lovebird merupakan salah satu burung yang sedang dicari banyak orang. Burung ini kerap dipelihara untuk koleksi burung dan untuk lomba. Karena, burung ini mempunyai ciri khas tersendiri yang cantik dan unik yang tidak dimiliki burung pada umumnya. Jadi, tak hanya warna bulunya saja yang cantik.

Bahkan, bentuknya juga cantik. Begitu juga dengan variannya yang cukup banyak. Sedangkan untuk suara kicauannya juga sangat nyaring dan merdu. Tak heran bila harganya juga relatif. Maka dari itulah, untuk kalian yang ingin membudidayakannya atau bahkan ikut lomba lovebird, sebaiknya simak dulu serba-serbinya berikut ini.

Serba-serbi Burung Lovebird

Burung lovebird termasuk burung sosial. Burung ini hidup berkelompok dari 5 ekor hingga 20 ekor di alam bebas. Burung ini biasanya hidup secara berpasangan. Sehingga, burung ini baru akan terpisah dari pasangannya bila pasangan salah satunya mati. Maka dari itulah, disebut juga dengan burung cinta atau burung lovebird.

Burung yang berasal dari genus Agapornis bertubuh mungil, namun lebih besar dari parkit. Panjangnya berkisar 13 cm hingga 17 cm dengan berat berkisar 30 gr hingga 60 gr. Burung ini bereproduksi dengan cara bertelur. Dalam setiap kelahirannya bisa menghasilkan dari 3 telur hingga  butir telur. Sedangkan lama pengeramannya bisa mencapai 22 hari.

Kondisi alam yang paling disukainya adalah di area yang terik dan lahan kering. Burung lovebird biasanya suka bersarang di beberapa cabang pohon, di lumpur yang kering, dan di lubang pohon. Terkadang, burung ini dapat ditemukan di bangunan buatan manusia yang ada di tepi hutan ataupun di kawasan perkebunan.

Cara Merawat Lovebird untuk Lomba

Karena keunikan burung lovebird inilah sehingga membuat komunitasnya sering mengadakan lomba. Jadi, bila sebelumnya kalian mungkin sering mengabaikan kandangnya yang tetap kotor dengan ukuran yang sempit, sebaiknya perhatikan dulu cara merawat burung lovebird berikut ini. Karena kami punya triknya agar kalian bisa menang lomba, antara lain:
  1. Cara merawat lovebird pertama adalah perawatan kandang. Sebenarnya untuk merawat kandang ini hampir sama seperti merawat kandang burung pada umumnya. Kalian harus selalu menjaga kebersihan sangkarnya karena bisa mempengaruhi kondisi kesehatannya. Bersihkan secara rutin agar tidak ada penyakit yang menyerang. Bila perlu, tambahkan beberapa aksesoris pelengkapnya, seperti tempat minum dan makan yang alami.
  2. Makanan lovebird. Makanannya ini harus benar-benar diperhatikan. Kalian tidak boleh memberikannya secara sembarangan. Akan lebih baik jika kalian memberikan biji-bjian. Sedangkan untuk sayurannya bisa berupa sayur kangkung. Ketika masa perkawinan, sebaiknya berikan jagung. Namun, karena burung ini rakus, sebaiknya perhatikan makanannya agar pencernaannya tidak terganggu.
  3. Cek kesehatannya. Salah satu cara merawat lovebird adalah mengecek kesehatannya. Bila perlu, bawa ke dokter hewat untuk melakukan pemeriksaan. Sehingga, burung bisa terhindar penyakit dan virus yang berbahaya. Jadi, tidak hanya sekedar faktor pemelihraannya saja. Namun, bila burung terlihat pasif dan tidak berkicau, sebaiknya segera lakukan tindakan lebih lanjut ke dokter hewan.
  4. Letakkan kandang di area yang tenang dan pencahayaannya harus cukup. Jangan pernah menaruh burung lovebird di tempat yang gelap. Karena itu akan membuatnya bertingkah aneh dan bisa mengganggu kesehatan burung. Sebaiknya jangan juga taruh tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung. Pastikan untuk menjemurnya di jam 8 hingga jam 10 pagi.
  5. Mandikan lovebird. Supaya lebih fresh dan segar, sebaiknya mandikan burung lovebird ini secara rutin. Sehingga, burung bisa terhindar dari virus yang telah menempel di bulunya. Bila perlu, gunakan cairan yang mengandung sabun anti bakteri. Mandikan secara perlahan agar airnya bisa menetes seperti air hujan. Bila sudah, keringkan menggunakan hair dryer.
  6. Jemur lovebird. Bila burung sudah selesai dimandikan, maka jemur lovebird agar semakin fresh dan lebih hangat. Ini salah satu cara merawat lovebird supaya keseimbangan tubuhnya tetap terjaga. Sebaiknya jemur burung ini secara rutin di jam-jam tertentu. Jangan pernah menjemurnya ketika hujan, karena itu akan membuatnya sakit.
Jemurlah burung ini di jam yang tepat, yaitu di jam 8 pagi sampai jam 10 pagian. Lakukan penjemuran selama 3 jam dalam 1 hari. Kalian juga bisa menjemurnya di sore hari supaya nanti tidak kepanasan saat kalian lupa untuk mengambilnya. Untuk sore hari, sebaiknya jemur di jam 3 sore sampai dengan jam 5 sore.

Melihat hal di atas, sebenarnya merawat lovebird itu mudah. Terlebih bila kalian sudah mengenalnya sejak lama. Sudah pasti kalian cukup hafal dengan ciri khas burung ini dan tahu bagaimana cara merawatnya dengan benar. Sedangkan untuk pemula, mungkin kalian masih bingung. Maka dari itulah, lakukan perawatan seperti cara merawat lovebird yang sudah kami jelaskan di atas.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar