Skip to main content

Buat yang Masih Gaptek, Begini Cara Lapor Spt Online Secara Gratis

Cara Lapor Spt Online

Cara Lapor Spt Online - Setiap orang kini bisa lapor SPT online, karena sudah banyak cara lapor spt online yang disediakan di dunia maya. Hal ini semakin mempermudah para WNI yang memiliki NPWP untuk melaporkan SPT pajak penghasilan pribadi dan badan atau perusahaan dengan mudah. Sehingga, tidak ada alasan lagi untuk tidak lapor pajak di setiap tahun.

Dimana berdasarkan rangkuman dari salah satu sumber menyatakan bahwa batas laporan SPT untuk pribadi adalah per tanggal 31 Maret 2019. Sedangkan batas laporan perusahaan adalah 30 April 2019. Adapun untuk cara lapornya bisa dilakukan secara online dan bisa juga dilakukan secara langsung dengan mendatangi tempatnya langsung.

Cara Mudah Lapor Spt Online

Sebenarnya cara lapor spt online ini sangat mudah sekali dan sangat cepat. Tidak perlu menunggu waktu lama-lama lagi karena kamu bisa melakukannya dengan file CSV yang terdapat dari software e-SPT ataupun menggunakan file SCV dari online pajak. Kamu bisa melaporkan berbagai macam jenis pajak dalam setiap status pembayarannya dan juga pembetulan apa saja secara gratis.

Disamping itu, saat ini e-filling online pajak juga sudah disahkan pihak DJP dengan surat keputusan nomor 193 tahun 2015. Bukti lapornya nanti akan diterima lewat online pajak yang sah dari pihak DJP. Masyarakat yang wajib lapor SPT tahunan adalah mereka yang penghasilannya lebih dari batas ketentuan penghasilan. Yaitu sebesar Rp 54.000.000, - per tahun.

Setidaknya, orang yang memiliki penghasilan sebesar Rp 4.500.000, - per bulan adalah orang yang harus lapor pajak. Sedangkan untuk mereka yang masih dibawahnya tidak wajib, tapi boleh ikut melaporkannya. Sementara itu, cara lapor spt online ini bisa dilakukan selengkapnya seperti yang akan kami ulas berikut ini:
  1. Cara lapor SPT online untuk pribadi bisa dilakukan dengan cara memegang bukti potong dan harus punya efin. Bukti potong perusahaan merupakan data yang mau diisi untuk melakukan laporan. Sementara efin adalah nomor identitas yang sudah diterbitkan oleh Ditjen Pajak untuk WP dalam bertransaksi elektronik lewat e-filling pajak.
  2. Cara untuk membuat efin sangat mudah. Cukup datang ke KPP namun tanpa diwakili, bisa juga secara online dengan cara mengunduh formulir permintaan aktivasi efin. Syarat yang harus dibawa adalah fotokopi KTP dan yang asli, NPWP, dan alamat email yang aktif. Bila sudah, kalian akan mendapat nomor untuk mengakses SPT tahunan secara online.
  3. Untuk laporannya sendiri bisa dilakukan dengan cara mengunjungi website Ditjen Pajak yang ada dan pilih kolom layanan e-filling. Selanjutnya, cara lapor spt online adalah menekan tombol membuat SPT dan pilih tahun pajaknya dengan status normal. Sehingga WP OP dapat memilih kolomnya SPT 1770 SS.
  4. Isi seperti formulir dalam 1721 A1/A2, dan isi kolom penghasilan, kewajiban, harta, dan tanggungan. Bila sudah, kirim laporannya dan kemudian kalian akan mendapatkan bukti penerimaan terhadap laporan SPT online yang akan dikirim lewat email WP. Meskipun mudah, namun pastikan jaringan internetmu stabil. Jika tidak, prosesnya akan lama karena akan diulang terus-menerus.

Keuntungan Lapor SPT secara Online

Ada banyak keuntungan bila kalian lapor SPT secara online. Yaitu bisa menghemat waktu saat melakukan wajib pajak. Karena semua tahapannya telah disederhanakan lebih praktis. Dengan begitu, orang awam juga bisa melakukannya dengan mudah. Karena memang tampilannya lebih mudah. Sehingga, setiap prosesnya mudah dimengerti oleh semua orang.

Dalam setiap tampilannya tidak ada angka rumit ataupun pesan error yang sulit dimengerti. Semua tahapannya ringkas. Sehingga, pekerjaan semakin lebih cepat diselesaikan. Apalagi aplikasi ini sudah terintigrasi. Sehingga, setor, hitung, dan lapor pajak online bisa dilakukan dalam 1 waktu dan 1 aplikasi secara otomatis dengan mudah dan cepat.

Dengan begitu, semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan mudah dan lebih cepat tanpa harus melakukannya secara manual. Karena semua perhitungannya bisa dilakukan secara otomatis. Bahkan, kini membuat ID billing serta melakukan setor pajak online juga sudah bisa dilakukan hanya dengan 1 klik saja. Begitu juga saat ingin lapor pajak online.

Setiap bukti laporan dan pembayarannya akan disimpan dalam 1 aplikasi. Karena aplikasinya sudah terintigrasi, sehingga bukti bayar dan bukti lapornya sudah tersimpan dalam 1 aplikasi berbasis web secara langsung. Dengan begitu, saat kalian membutuhkannya, kalian bisa dengan mudahnya menemukannya. Karena kini Anda bisa mengaksesnya kapan saja asalkan ada internet.

Tak hanya itu saja, kepastian terhadap tanggal bukti lapor juga semakin jelas. Dimana tanggal BPE merupakan tanggal ketika kalian memilih tombol lapor. Itu artinya, ketika server DJP sedang error dan ada masalah, apalagi ketika tenggat lapor, kamu masih bisa menerima BPE sesuai dengan tanggal saat kalian menggunakan cara lapor spt online dan memilih tombol lapor.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar