Skip to main content

Beberapa Daftar Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan

Daftar Peluang Bisnis Online

Bisnis Online - Bisnis online merupakan usaha yang dijalankan secara online. Bisnis ini dianggap lebih menjanjikan dibandingkan bisnis yang dijalankan secara offline. Mau tahu alasannya? Karena dibandingkan bisnis offline, bisnis yang dijalankan secara online itu lebih luas cakupannya. Tapi, bagaimanakah dengan usaha online di Indonesia? Apakah juga cukup menjanjikan? Karena jumlah pengguna internet semakin banyak di Indonesia.

Perlu Anda ketahui, bahwa di tahun 2017 ada sebanyak 24,7 juta jiwa orang dari Indonesia yang sudah membeli barang secara online. Sedangkan jumlah pengakses internet di Indonesia tahun 2017 ada sebanyak 132,7 juta jiwa. Dilihat dari sini saja sudah cukup membuktikan bahwa peluang membuka usaha online semakin terbuka lebar jika diterapkan di Indonesia.

Bahkan tidak hanya untuk pemodal besar saja. Untuk pebisnis dengan modal kecil juga berkesempatan membuka bisnis secara online. Namun, bisnis seperti apakah yang paling berpotensi besar bisa menghasilkan banyak uang? Karena saat ingin membuka bisnis secara online, biasanya akan muncul beberapa kendala yang tidak bisa dihindari lagi. Sehingga, hal ini seringkali membuat orang mundur di tengah jalan.

Misalnya, seperti kendala tentang modal yang besar, hasilnya kecil, tidak ada waktu untuk memulai usaha karena sedang bekerja, dan masih banyak hal lainnya. Maka dari itulah, jika Anda masih ragu untuk memulai usaha online karena memiliki beberapa kendala tersebut, berikut ini akan kami sampaikan beberapa hal tentang usaha online dan kenapa harus mencoba bisnis ini.

Alasan Harus Memulai Bisnis Online dari Sekarang 

Ada banyak alasan kenapa Anda harus mencoba menjalankan bisnis online ini sekarang juga. Mulai dari segi lokasinya, segi biayanya, pasarnya yang luas, dan peluang pendapatan yang lebih besar dibandingkan berjualan secara offline. Untuk lebih jelasnya akan kami sampaikan selengkapnya tentang kenapa harus segera mencoba Bisnis online yang semakin bervariasi berikut ini.
  1. Usaha online itu pangsa pasarnya jauh lebih besar dan lebih luas. Karena bisnis ini bisa dijalankan hingga 24 jam penuh tanpa ada batasan lokasi dan waktu. Sehingga, tidak hanya orang dari dalam negeri saja yang bisa memberikan pemasukan. Namun, dari negara lain di seluruh penjuru dunia juga bisa melakukan transaksi ke toko online Anda.
  2. Melakukan bisnis online itu jauh lebih praktis dan menghemat waktu. Karena bila umumnya saat menjalankan bisnis secara konvensional Anda harus mengeluarkan biaya untuk sewa tempat dan lain-lain. Sehingga, modal yang dibutuhkan lebih besar. Sedangkan, jika Anda ingin menjalankan bisnis online, maka modal yang dibutuhkan hanyalah koneksi internet dan rekening bank saja yang aktif.
  3. Menjalankan bisnis secara online tidak mengharuskan Anda untuk memiliki tempat dan kantor. Karena segala transaksinya secara online. Sehingga, usaha ini jauh lebih praktis. Misalnya saja menjadi seorang ojek online. Selain lebih transparan, Anda bisa mendapatkan banyak pemasukan hanya dengan menunggu saja dari rumah sampai ada yang memesan jasa Anda secara online.
  4. Menjalankan bisnis secara online, seperti menjadi seorang vlogger itu sangat menguntungkan. Karena Anda bisa mengembangkan hobby untuk mendapatkan banyak uang. Jadi, mencari uang itu terasa lebih menyenangkan tanpa tekanan. Tidak sama seperti ketika Anda menjalankan bisnis secara offline. Itulah kenapa Anda harus mencoba bisnis online ini.
Nah, itulah beberapa alasan kenapa harus memulai usaha online dari sekarang. Selain memahami berapa banyak keuntungan yang didapatkan dengan mencoba usaha online, penting juga untuk bisa memilih macam-macam bisnis online yang cocok untuk Anda. Karena variannya ada banyak, maka kali ini akan kami berikan contoh peluang usaha online yang cukup menjanjikan dibawah ini.

Beberapa Daftar Peluang Bisnis Online

#1. Bisnis Online Paid to Click

Bisnis  paid to click merupakan salah satu jenis dari bisnis secara online. Anda nanti akan dibayar bila melakukan klik dan juga melihat iklan pemilik produk yang menggunakan layanan situs program PTC tersebut. Ini adalah bisnis termudah yang pernah ada untuk mendapat uang dari internet. Karena Anda bisa melakukan pendaftaran secara gratis.

Setelah itu, cukup dengan klik iklan saja. Maka Anda bisa langsung mendapatkan komisi. Untuk komisi yang ditawarkan bisa bervariasi untuk setiap situs. Ada yang memberikan komisi sebesar Rp 100, - per klik hingga Rp 150, - per klik. Biasanya, setelah Anda klik iklan itu, Anda akan diminta untuk menunggu hingga 30 detik.

Barulah setelah itu Anda bisa mendapatkan uang dari bisnis online ini. Namun, uang tersebut baru akan bisa dicairkan bila sudah mencapai dalam batasan penarikan uang yang telah ditetapkan. Selain itu, untuk bisa mencairkan uang dari program PTC dari luar negeri, Anda harus memiliki PayPal dulu.

Dalam bisnis online ini terdapat 3 pihak yang bekerjasama. Yaitu, agen iklan, pemilik produk, dan clicker. Jadi, pemilik produk disini adalah perseorangan bisa juga perusahaan yang membutuhkan pengunjung untuk membaca iklan produknya. Sedangkan agen iklan adalah pihak yang akan membantu pemilik produk menyebarkan iklan. Sementara tugas Anda adalah menjadi seorang clicker.

Sebagai seorang clicker, Anda tugasnya mengklik iklan dan melihat iklan itu. Disinilah nantinya Anda akan mendapatkan bayaran tanpa harus membeli produk itu. Anda bisa langsung mendapat komisi tersebut dari agen iklan pada setiap iklan yang telah Anda klik dalam situs program PTC yang Anda ikuti.

#2. Bisnis Online yang Menjanjikan lewat Blog

Selain berbisnis PTC, masih ada lagi bisnis online lainnya yang bisa dicoba, yaitu menggunakan blog. Mengingat jumlah pengguna internet semakin bertambah setiap hari. Maka dengan memanfaatkan blog sebagai pemasaran inilah akan memberikan keuntungan untuk Anda. Anda bisa menggunakan blog untuk apa saja. Misalnya saja, seperti yang akan dibahas berikut ini:
  1. Salah satu ide bisnis blog adalah layanan display ad. Karena banyak sekali website yang saat ini memanfaatkan layanan display ad untuk mendapatkan uang. Hanya saja, display ad ini sebaiknya tidak dijadikan sebagai bisnis utama. Karena, biasanya pengiklan baru mau menggunakannya saat traffic web sudah cukup. Sehingga, butuh waktu lama untuk membangun web yang memadahi.
  2. Sponsored content juga merupakan salah satu bisnis online yang menarik. Ini adalah bisnis yang memberikan layanan artikel sponsor. Sehingga, setiap pesan sponsor yang sifatnya iklan itu dapat disampaikan secara halus lewat konten yang disampaikan dari tulisan. Dengan menggunakan bahasa yang enak dibaca, ini akan membuat pihak sponsor bisa mendapatkan konsumen dari situ.
  3. Anda juga bisa mencoba membuka usaha content writer. Karena saat ini banyak orang yang ingin mencoba berbisnis lewat internet, namun sayangnya mereka tidak punya kemampuan menulis dengan baik. Maka dari itulah, demi mendapatkan tulisan yang baik untuk membangun website dan brand awareness sebuah produk, dibutuhkan layanan jasa penulis artikel secara online.
  4. Bisnis lainnya yang bisa dicoba adalah profesional freelancer. Bisnis kerap dipilih oleh para profesional yang waktunya sudah habis digunakan untuk bekerja di kantor. Maka dari itulah, layanan profesional freelancer ini sering dicari banyak orang. Layanan ini bisa berupa, pembuatan game, software, web, membuat blog, dll.

#3. Peluang Bisnis Ojek Online

Peluang bisnis ojek online kini telah semakin meningkat. Karena jumlah permintaan ojek makin tinggi setiap hari. Ada beberapa elemen yang membuat peluang usaha ojek online ini menjadi semakin besar. Yaitu, margin tinggi, sumber daya melimpah, pelanggan sudah pasti tetap, bisa digunakan dalam skala besar karena mendukung banyak tempat.

Jadi, pemasaran bisnis online ini sangat besar. Apalagi saat ini ongkos alat transportasi lainnya tidak transparan seperti bisnis ojek online ini. Bila menggunakan ojek online, biayanya itu sudah jelas dari awal. Jadi, tidak perlu ada kegiatan tawar menawar lagi. Sehingga, dipastikan akan ada banyak konsumen yang pasti tertarik untuk menggunakan jasa ini.

Maka dari itulah, jika Anda ingin mencoba peluang usaha ini, pastikan Anda harus mempersiapkan pendukungnya dulu. Yaitu, harus memiliki mobil atau motor. Bisa disesuaikan dengan jenis program mana yang Anda pilih. Apakah Anda akan menjadi ojek motor atau ojek mobil. Selanjutnya, Anda hanya perlu mempersiapkan paket data internet yang cukup.

Karena, segala proses transaksinya dilakukan secara online. Sehingga, selain harus ada paket internet yang stabil, bisnis online ini juga membutuhkan rekening bank yang aktif. Beberapa perusahaan ojek online biasanya menyarankan bank tertentu sebagai proses pencairannya. Karena nantinya akan ada 2 metode pembayaran. Yaitu secara online dan dibayar secara langsung.

#4. Peluang Bisnis Menjadi Youtuber

Bagi pengguna internet aktif, pastinya tidak asing dengan kata youtube. Karena situs ini bisa digunakan untuk mendapatkan banyak uang. Caranya sangat mudah! Yaitu, coba saja menjadi seorang youtuber. Cukup buat konten yang menarik, kemudian upload videonya ke youtube. Maka Anda bisa mendapatkan uang dari bisnis online ini.

Iklan ini biasanya akan ditampilkan pada halaman side bar atau tepat di bawah video. Anda bisa mencoba mengupload berbagai macam video. Misalnya saja, seperti video berita, video tutorial, video humor, dll. Namun, supaya bisa diterima menjadi mitra youtube, Anda tidak bisa asal mengupload video. Ada banyak kebijakan yang harus dipatuhi dan tidak boleh dilanggar.

Jadi, cara memulai bisnis online ini nanti adalah Anda wajib memiliki akun youtube dulu. Kemudian, Anda harus punya akun google adsense. Karena nanti penghasilannya akan dijadikan satu ke dalam program adsense ini. Umumya, channel dengan video yang banyak jumlah view akan mendapat undangan dari Google Adsense secara langsung.

Kalaupun tidak mendapatkan undangan, Anda bisa mendaftarkan diri secara langsung ke dalam program tersebut. Namun sebelum itu, Anda harus mengupload beberapa video dulu hingga akhirnya dapat disetujui oleh mereka. Setelah proses pengajuan pendaftaran tersebut selesai, maka Anda tinggal menunggu hasilnya. Apakah permintaan Anda disetujui atau tidak.

Karena nanti masih ada beberapa pertimbangan yang akan dilakukan pihak adsense untuk menyetujui permohonan Anda. Misalnya saja, seperti melihat dari kualitas video unggahan Anda. Maka dari itulah, sebaiknya siapkan video yang berkualitas sebelum mencoba usaha ini. Barulah kemudian, Anda bisa mencoba mendaftarkan diri menjadi partner Youtube.

#5. Peluang Bisnis Trading Online

Peluang trading online ini sepertinya memang tak pernah ada matinya. Trading online selalu menjadi bahasan paling seru dalam dunia bisnis online. Karena bisnis forex trading adalah bisnis yang cukup menjanjikan. Bahkan, ada banyak orang yang berhasil mendapatkan keuntungan hingga ratusan sampai ribuan dolar USD dari bisnis ini.

Hal ini tentu saja karena banyak alasannya. Pertama, karena dalam bisnis online trading itu volume perdagangannya dihitung dengan sistem harian. Itupun bisa mencapai triliunan rupiah setiap hari. Data ini dirilis dari lembaga yang terpercaya, yaitu BIS. Bahkan, kabarnya nilai total transaksi perharinya bisa mencapai 5 T rupiah per hari. Itu artiya prospek bisnis ini  cerah.

Selain itu, perkembangan bisnis ini masif. Jadi, peluangnya semakin besar. Apalagi saat ini ada banyak perusahaan trading mulai bermunculan. Jadi, meskipun menggunakan mata uang yang tunggal, namun bisnis ini masih tetap berjalan hingga ke seluruh penjuru dunia. Sehingga, bisa dibilang bahwa bisnis ini pasti akan terus berjalan dalam jangka waktu yang lama.

Hal lain yang patut diperhatikan adalah, bahwa bisnis online trading ini tidak memiliki pesaing. Ini adalah point paling menarik kenapa Anda harus mencoba bisnis ini. Saat Anda menjadi seorang trader, maka Anda tidak akan mengenal pesaing. Sehingga, pendapatan profit hanya tergantung dari besaran modal dan kemampuan Anda sendiri.

Meskipun ternyata ada banyak trader yang justru memulai bisnis online ini tanpa kemampuan analisa pasar yang cukup. Sehingga, mereka hanya mengandalkan tebak-tebakan saja dan untung-untungan saja. Padahal, jika tidak disertai dengan pengetahuan yang cukup, bisnis ini tidak jauh berbeda dari mengundi nasib seperti bermain judi.

Maka dari itulah, disarankan jika Anda ingin mencoba bisnis online ini. Anda harus mempelajari dulu trading ini secara bertahap. Setidaknya, coba dulu simulasi tradingnya sebelum mengeluarkan modal yang besar. Dengan begitu, Anda akan memahami seperti apakah prosesnya dan bagaimana cara menganalisa pasar saham dengan benar.

#6. Peluang Bisnis Software Developer

Software developer adalah salah satu usaha bisnis online dengan cara memproduksi perangkat lunak/software. Bisnis ini sebenarnya sudah banyak yang menjalankannya. Hanya saja belum begitu populer. Biasanya, bisnis ini dipasarkan lewat website resmi. Sehingga, pelanggan yang menggunakan jasa ini harus membayarnya secara online. Untuk menjalankan bisnis ini dibutuhkan tenaga ahli yang kreatif.

Namun meskipun begitu, usaha ini cukup menggiurkan. Apalagi sekarang ini teknologi informasi semakin populer. Sehingga, menjadi seorang developer software sudah pasti akan memberikan keuntungan untuk Anda. Misalnya saja, dari segi cara kerjanya yang lebih fleksible. Anda bisa bekerja dengan cara remote. Jadi, sekalipun hanya bekerja selama beberapa hari saja dalam 1 pekan, namun ini menguntungkan.

Anda hanya harus menyelesaikan tugas saja dan memanfaatkan koneksi internet yang bagus. Selanjutnya, Anda bisa mendapatkan benefit, berupa gaji yang menggiurkan dalam pekerjaan ini. Bahkan, penghasilan seorang developer software ini bisa mencapai belasan juta rupiah setiap bulan. Selain itu, Anda juga bisa menjadi pekerja independen jika menjadi seorang developer software.

Anda tidak perlu lagi ikut sebuah perusahaan. Karena Anda bisa membuka usaha Anda sendiri secara online. Dan pastinya, bisnis ini bukanlah pekerjaan seniman. Jadi, Anda harus tetap berkreatifitas agar dapat bertahan dalam bisnis ini. Anda harus selalu bereksperimen dengan aplikasi Anda dan memutar otak. Supaya aplikasi Anda dapat bekerja dengan baik.

Anda juga tidak perlu takut kesepian. Karena setiap proyeknya nanti Anda akan berinteraksi dengan banyak orang untuk dapat menyelesaikannya. Anda bisa bekerja bersama tim untuk mengerjakan setiap jobnya. Bisa dengan mengikuti sebuah forum tertentu ataupun dalam diskusi terbuka untuk meningkatkan ilmu pengetahuan Anda dalam menjalankan bisnis online ini.

#7. Bisnis Online Gratisan Affliate Marketing

Affliate marketing merupakan salah satu model bisnis online berbasis komisi. Jadi, saat Anda berhasil menjual sebuah produk, disitulah Anda baru bisa mendapatkan komisi. Jadi, usaha ini sebenarnya mirip sekali dengan menjadi seorang sales door to door dalam dunia offline. Karena Anda akan diminta untuk menawarkan produk ke orang lain secara online.

Untuk bisa memulainya, cukup daftarkan diri menjadi seorang afliasi dari sebuah perusahaan produk tertentu. Sehingga, Anda bisa mendapatkan ID Afliasi tersebut. Setelah itu, Anda akan mendapatkan link afliasi berisi url website milik perusahaan produk itu. Dimana link itu nanti ada kode khususnya berisi ID afliasi milik Anda.

Jadi, setelah Anda mempromosikan link itu, siapapun itu yang melakukan klik atau membelinya, dari sinilah Anda baru bisa mendapatkan komisi. Bisnis ini cocok sekali untuk seorang pemula yang baru saja merintis bisnis online. Namun meskipun begitu, Anda masih tetap harus kontrol agar mendapatkan penghasilan dari usaha ini.

Fakta Menarik dari Bisnis Online

Banyak orang sering berkata bahwa bisnis online adalah solusi terbaik untuk memulai sebuah usaha. Karena bisnis ini bisa dijalankan dimana saja dan kapan saja. Bahkan, hasil yang didapatkan juga terbilang besar dan lebih cepat prosesnya. Meskipun sebenarnya ada banyak fakta menarik tentang bisnis secara online.

Salah satunya adalah bila sebelumnya Anda merasa bahwa usaha online itu adalah sebuah usaha yang akan memberikan income besar dengan cara yang santai dan mudah, maka Anda salah besar. Karena kesuksesan dalam menjalankan usaha secara online itu tidak mudah seperti yang Anda pikirkan. Masih ada beberapa hal yang harus diperhatikan dulu.

Dalam menjalankan usaha online itu Anda harus berusaha keras, serius, tekun, dan harus sabar. Karena waktu yang akan Anda butuhkan agar bisa dikenal banyak orang tidak sebentar. Maka dari itulah, sebaiknya cari tahu dulu peluang dan kekurangan dari bisnis Anda tersebut. Sehingga, Anda bisa mengantisipasi bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Karena, dalam bisnis online itu selalu ada resiko kegagalan. Maka dari itulah, Anda harus siap menjadi orang sukses dan orang yang gagal dalam menjalankan bisnis secara online. Perbandingan sukses dan gagal bisa 50:50. Selain itu, ada juga fakta menarik dari bisnis ini. Yaitu, bisnis secara online itu butuh modal materill beserta non materill.

Anda harus tahu letak perbedaan dari modal materiil dan non materiil. Karena dari situlah Anda akan tahu apa saja yang harus disiapkan sebelum memulai usaha ini. Karena ternyata ada banyak orang menjalankan usaha online ini tidak dengan modal yang cukup. Meskipun modal uang sudah ada, tapi jika mentalnya tidak kuat, usahanya juga tidak akan berkembang.

Modal non materil itu merupakan modal dari diri Anda sendiri. Jadi, keingingan Anda harus kuat, konsisten, pantang menyerah, dan mau bekerja keras. Sedangkan modal materil itu adalah uang untuk membayar biaya koneksi internet. Meskipun jumlahnya tidak besar, tetap saja yang namanya modal dalam menjalankan bisnis online itu harus benar-benar diperhatikan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar