Skip to main content

Cara Mengatasi Tembok Lembab Ini Ampuh Kurang dari 1 Jam

Cara Mengatasi Tembok Lembab sangat ampuh

Mengetahui tentang tata cara mengatasi tembok lembab adalah hal yang paling penting untuk sebagian besar orang. Karena tembok yang lembab jika dibiarkan pasti akan menjadi berjamur. Akibatnya, rumah menjadi terlihat kotor dan bisa mengganggu kesehatan penghuni rumah. Maka dari itulah, kalian harus segera membersihkannya secepat mungkin.

Semakin kalian membiarkan hal ini berlangsung dalam waktu yang lama, ini bisa membuat dinding rumah semakin lembab dan berjamur. Kalau sudah begitu, apa yang harus dilakukan? Solusinya adalah dengan mencoba cara mengatasi tembok lembab yang akan kita sampaikan berikut ini. Sehingga, tampilan dinding bisa kembali cantik seperti semula.

Penyebab Tembok Lembab dan Berjamur

Sebelum mengatasinya, terlebih dahulu cari tahu apa yang menjadi penyebab dari tembok yang berair, lembab, dan berjamur. Apakah ini terjadi karena tembok sering terkena air secara langsung, atau bahkan faktor lingkungan, rembesan, dan kekurangan sirkulasi? Setelah mengetahui penyebabnya, barulah kalian bisa mencari solusinya berdasarkan penyebabnya!
  1. Penyebab tembok bisa lembab dan berjamur yang pertama adalah karena terpapar oleh air secara langsung. Biasanya ini sering terjadi pada dinding kamar mandi atau dibagian tembok dengan fasad rumah yang terpapar siraman air hujan secara langsung. Sehingga, tembok tersebut terkena rembesan air dan terjadinya tembok lembab.
  2. Masalah lain bisa juga terjadi karena adanya kebocoran dibagian pipa saluran air dan talang atau atap ada yang bocor. Ini sering terjadi ketika memasuki musim penghujan. Bagian yang ada di area yang basah dan tidak dilengkapi dengan transram dinding akan membuat tanah menjadi lembab dan basah. Akibatnya, kemungkinan besar tembok menjadi lembab semakin tinggi.
Setelah mengetahui penyebabnya, maka kini waktunya kalian mencari cara mengatasi tembok lembab dan berjamur. Yaitu, segera memperbaiki saluran air dan juga talangnya dari genteng jika ada masalah. Pastikan kalian selalu melihat bahwa saluran talangnya tidak bocor. Kalaupun ada yang bocor harus segera diperbaiki dan bisa juga langsung diganti.

Pastikan juga supaya bagian dapur, kamar mandi, dan ruangan yang lembab lainnya mempunyai sirkulasi udara yang cukup dan selalu kering. Jangan lupa untuk selalu mengeringkan handuk ataupun tirai kamar mandi agar tidak berjamur. Kalaupun ada yang mengalami kebocoran, segera tangani secepat mungkin. Terlebih bila pipa saluran tersebut tertanam ke tembok.

Cara Mengatasi Tembok Lembab

Pada dasarnya, jamur dinding yang disebabkan oleh tembok yang selalu lembab itu tidak selalu berwarna hijau. Ada juga jamur yang berwarna abu-abu gelap dan hitam. Maka dari itulah, supaya tidak sampai tercemar dan berjamur, kalian harus segera mengatasinya agar tidak ada lagi jamur yang bersarang di tembok kalian. Lebih lengkapnya, simak cara mengatasinya dibawah ini!
  1. Untuk mengatasi masalah tembok yang sering berair karena sering terkena air secara langsung, maka salah satu cara mengatasi tembok lembab adalah dengan memakai lapisan kedap air dibagian permukaan finishingnya. Misalnya saja, seperti plester yang dikombinasikan dengan campuran pasir dan semen yang perbandingannya 1:4. Untuk yang lebih praktis bisa memakai cat waterproof.
  2. Jika tembok berair dikarenakan oleh rembesan, solusinya adalah mencari pusat rembesannya dan segera perbaiki lebih dulu. Bila ada saluran pipa air, talang, atau atap yang bocor, perbaiki dulu. Bila perlu gunakan campuran dari semen dan pasir untuk membuat lapisannya menjadi kedap air sebelum menggunakan keramik ataupun finishing yang lainnya agar tidak ada rembesan lagi.
  3. Jika bangunan tersebut berada di area lingkungan yang tanahnya cenderung basah, sebaiknya pakai saja transram dibagian pasangan batu batanya tepat diatas sloof sebesar 30 cm hingga 50 cm. Transram ini merupakan lapisan kedap air dari pasir dan semen untuk memasang batu bata. Dengan begitu, masalah lingkungan teratasi.
  4. Selanjutnya, jika masalahnya ada pada sirkulasi udara, maka salah satu cara mengatasi tembok lembab adalah dengan memperbaiki ventilasi udara di rumah. Bila perlu buat lagi ventilasi udara tambahan di ruangan yang lembab. Sehingga, sirkulasi udara semakin lancar dan ruangan akan kering. Selain itu, sebaiknya jangan menaruh kain, handuk, dan material basah ke dinding.
Itu tadi adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah tembok yang lembab. Berbeda lagi bila ternyata dinding sudah berjamur, maka solusinya adalah dengan membersihkan tembok yang ada jamurnya tersebut memakai cairan pembersih, pemutih, dan bisa juga dengan menggunakan detergent. Setelah itu, gosokkan menggunakan sikat nylon, kain berserat, atau spon.

Bila jamurnya sudah menghilang dan permukaannya bersih, langsung bilas menggunakan air bersih, dan keringkan menggunakan kain yang kering sampai bersih. Namun, bila masalahnya adalah catnya sudah terlanjur terkelupas dan menggelembung, maka salah satu cara mengatasi tembok lembab dan berjamur adalah dengan membersihkannya dulu lalu mengecat ulang.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar