Skip to main content

30+ Tempat Wisata di Bandung Paling Kekinian dan Populer

Tempat Wisata di Bandung

Tempat Wisata di Bandung - Siapa yang tidak mau berlibur ke tempat wisata di Bandung yang sedang hits dan kekinian? Ya, Bandung memang menjadi salah satu kota dengan sejuta pesona. Tak ayal jika banyak orang menjadikannya menjadi salah satu tujuan wisata favorit. Mulai dari wisata alam hingga wisata edukasi tersedia di Kota Kembang ini.

Tempat wisata yang ada di Bandung sendiri tersebar di area Bandung selatan, Bandung Utara, dan juga Bandung Timur. Alternatif wisata yang tersedia pun bisa dibilang cukup komplit. Anda bisa memilih wisata alam, buatan, hingga kuliner yang bisa memanjakan bukan hanya mata namun lidah Anda juga.

Jadi, apakah Anda sudah tahu tempat wisata mana saja yang akan dikunjungi? Dengan adanya banyak pilihan tempat wisata di kota ini, bukan tidak mungkin jika Anda bingung memilihnya. Nah, untuk memudahkan Anda memilih tempat wisata yang tepat, berikut ini kami kumpulkan rekomendasi tempat wisata di Bandung yang bisa Anda kunjungi!

Wisata Romantis di Bandung

Mari kita mulai dengan wisata romantis yang ada di Bandung. Dengan sejumlah destinasi yang menawarkan atmosfer magis dan menghipnotis, tak salah rasanya jika Bandung dijuluki sebagai kota romantis. Jika Anda ingin mengajak sosok terdekat ke Bandung atau sedang berbulan madu, Anda patut mencoba destinasi-destinasi wisata berikut ini.

1. Situ Cileunca

Tempat Wisata di Bandung Situ Cileunca

Nuansa natural yang kental di Situ Cileunca dapat membuat kita terhanyut dalam ketenangan. Keeksotisan danau ini juga akan membuat Anda tak berhenti berdecak kagum. Anda bisa mengajak orang-orang tersayang berjalan-jalan santai sembari mengagumi keindahan pemandangan sekitar. Banyak juga spot foto untuk mengabadikan momen romantis bersama pasangan lho!

2. Puncak Bintang Bukit Moko


Menikmati keindahan alam dari ketinggian bersama pasangan tentu dapat menjadi momen unik yang tidak terlupakan. Tempat wisata di Bandung yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin melihat gemerlap kota Bandung dari ketinggian 1500 mdpl. Anda juga bisa bermalam untuk menyaksikan matahari terbit di atas Kota Bandung!

3. Kawah Putih


Siapa yang tidak kenal dengan kawah misterius yang sering dijadikan lokasi preweding ini? Memiliki keindahan alam yang menakjubkan, Kawah Putih bukan hanya menjadi tujuan wisatawan lokal saja namun juga wisatawan mancanegara. Jika Anda ingin menginap, tersedia juga beberapa cottage dan penginapan yang bisa dipilih sesuai budget dan selera.

4. Lereng Anteng Panoramic Coffee


Dari namanya saja Anda tentu bisa membayangkan untuk menikmati secangkir kopi sembari menikmati pemandangan. Tempat wisata di Bandung ini tergolong baru, namun suasananya yang romantis telah menjadi magnet bagi pasangan kekasih untuk menghabiskan waktu bersama disini. Tak ayal jika tempat ini selalu ramai pengunjung. Kopi yang ada disini juga terkenal enak. Menarik bukan?

Wisata Air Terjun di Bandung

Setelah berkunjung ke beberapa tempat wisata romantis di Bandung, Anda bisa menikmati pesona air terjun yang juga menjadi andalan wisata disini. Bandung ternyata memiliki beberapa pilihan wisata air terjun mulai dari Curug Malela, Curug Cinulang Cicalengka, Curug Tilu Leuwi Opat, hingga Curug Cimahi. Nah, ini rekomendasi kami untuk Anda!

5. Curug Cimahi


Curug Cimahi merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang mudah dijangkau, terutama jika Anda sedang berwisata di daerah Lembang. Ya, meskipun bernama Curug Cimahi, air terjun ini ternyata terletak tidak jauh dari Lembang. Disini, Anda bisa menikmati air terjun dengan air yang jernih dan dikelilingi suasan alam yang indah.

6. Curug Malela


Jika cita-cita Anda menyaksikan indahnya Air Terjun Niagara belum terlaksana, berkunjung ke Curug Malela bisa menjadi alternatifnya. Air terjun yang berada di Desa Cicadas, Bandung Barat ini sering dijuluki sebagai Niagara Mini karena memiliki keindahannya. Sebelum kesini, pastikan fisik Anda kuat karena jalan menuju Curug Malela tidak begitu mudah.

7. Curug Cinulang Cicalengka


Terletak di perbatasan Kabupaten Bandung dan Sumedang, Curug Cinulang ini terkenal dengan air terjun kembarnya yang jernih dan menyegarkan. Berbeda dengan Curug Malela, air terjun ini lebih mudah dijangkau dan berada di dekat jalan. Jika Anda kebetulan berlibur di daerah Bandung Timur, tak ada salahnya menyempatkan ke Curug Cinulang ini.

Wisata Instagramable di Bandung

Nah buat Anda yang suka berbagi foto dan momen di sosial media, Bandung juga mempunyai segudang tempat Instagramable yang bisa dicoba. Ada beragam tempat wisata di Bandung yang sangat unik dan dapat memanjakan pecinta foto. Mulai dari yang khusus untuk selfie hingga restoran atau kafe dengan dekorasi unik tersedia di Bandung.

8. D’Dieuland


Salah satu destinasi wisata yang Instagramable di Bandung adalah D’Dieuland. Disini Anda bisa merasakan nuansa berkeliling di Eropa. Jika berkunjung disini, jangan lewatkan berfoto di depan kastil yang dibuat seperti landmark ala abad pertengahan di Eropa. Selain itu, masih ada banyak spot lain yang cocok untuk selfie!

9. Upside Down World


Upside Down World atau Dunia Terbaik bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin mengambil foto unik. Anda juga tidak perlu jauh-jauh dari wilayah perkotaan untuk menikmati spot foto yang unik ini.  Tempat wisata di Bandung ini menyuguhkan beragam wahan selfie dengan perabotan yang berbeda. Menariknya, semua yang berfoto disini akan terlihat seperti berdiri terbalik!

10. Amazing World 3D


Jika masih belum puas berfoto unik di Upside Down World, Bandung masih punya Amazing World 3D yang tak kalah uniknya. Dibuka awal 2017 silam, tempat wisata yang satu ini menyuguhkan banyak lukisan keren dengan ilusi mata. Dengan sudut pengambilan foto yang tepat, Anda bisa terlihat berada di tempat yang tak terbayangkan.

Wisata Anak dan Edukasi di Bandung

Jika Anda mengajak anak-anak untuk berlibur ke Bandung, rasanya lebih tepat untuk mengunjungi tempat wisata edukasi yang menyenangkan dan bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Ada cukup banyak alternatif tempat wisata di Bandung yang bisa dikunjungi untuk memperkaya pengalaman dan pengetahuan anak. Berikut ini beberapa diantaranya.

11. Bandung Science Center


Berbicara soal wisata edukasi di Bandung rasanya tidak akan lengkap jika tidak menyebutkan destinasi yang satu ini. Ya, BSC atau Bandung Science Center merupakan tempat yang dibuat untuk mengembangkan pengetahuan anak tentang ilmu pengetahuan. Anak-anak bisa memilih masuk ke wahana mana pun yang mereka inginkan disini.

12. Saung Angklung Udjo


Jika Anda ingin mengajak anak untuk bermain sembari belajar, mengunjungi Saung Angklung Udjo bisa menjadi pilihan yang menarik. Destinasi wisata yang sudah ada sejak bertahun-tahun silam ini menjadi tempat yang menarik untuk mengenalkan anak-anak pada budaya Indonesia. Anak-anak juga bisa belajar bagaimana bermain angklung disini.

13. Padepokan Dayang Sumbi


Selanjutnya ada Padepokan Dayang Sumbi yang menyuguhkan wisata edukasi menarik dan bermanfaat untuk anak-anak maupun dewasa. Didirikan sejak 2015, tempat wisata di Bandung yang satu ini menyajikan berbagai kegiatan yang bermanfaat, seperti melihat cara memberi makan dan merawat ulat sutera. Selain itu, anak-anak juga diajak untuk mempelajari bagaimana mengolah benang-benang sutera menjadi kain.

Wisata Botani di Bandung

Bukan hanya terkenal dengan wisata alamnya yang indah, di Bandung Anda juga bisa menemukan berbagai objek wisata alam buatan yang menarik. Mulai dari taman bunga yang mempesona hingga perkebunan yang menyejukan mata dan pikiran, Anda bisa menemukan semua ini di Bandung. Berikut ini beberapa tempat wisata di Bandung yang kami rekomendasikan untuk Anda.

14. Taman Bunga Begonia


Untuk Anda yang suka dengan keindahan warna-warni bunga, Taman Bunga Begonia bisa menjadi tempat wisata yang menarik. Taman dengan luas sekitar 2 hektar ini dipenuhi dengan beraneka ragam bunga yang bisa menjadi spot menarik untuk berfoto ria. Anda juga bisa membeli bunga disini dengan harga mulai dari Rp 20.000 saja.

15. Kebun Bunga Matahari Sky Garden


Tertarik untuk mengunjungi tempat wisata di Bandung yang Instagramable? Kebun Bunga Matahari ini bisa menjadi pilihan yang menarik. Tempat wisata ini wajib Anda kunjungi jika Anda sedang berada di kawasan Paris Van Java, karena letaknya yang ada di rooftop Paris Van Java. Selain berfoto, Anda juga bisa menikmati live music disini.

16. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda


Terletak di kawasan Dago Pakar, Taman Hutan Raya ini merupakan yang pertama di Indonesia dan memiliki koleksi sekitar 2500 tanaman. Selain wisata botani, taman ini juga menyuguhkan objek wisata lain seperti monument Ir. H. Djuanda, goa Jepang dan goa Belanda, Prasasti Raja Thailand, Air Terjun Dago, dan lain sebagianya.

Wisata Lembang Bandung 

Lembang merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang menjadi favorit. Ada cukup banyak tempat menarik di Lembang yang sangat sayang untuk dilewatkan. Jenisnya pun beragam mulai dari wisata alam hingga kuliner sehat dan seru ada disini. Dari banyak wisata yang ada di kawasan Lembang, berikut ini beberapa yang bisa Anda coba.

17. Maribaya Resort Lembang


Maribaya yang dulu bukannya yang sekarang. Dibawah management baru, kini tempat ini menjadi destinasi wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan. Terletak tak jauh dari pusat kota Lembang, tempat wisata ini memiliki pemandangan yang indah dengan berbagai wahana foto yang menarik. Suasana yang sejuk tentu dapat menambah keasikan berlibur disini.

18. De’Ranch


Sebenarnya tempat ini merupakan sebuah peternakan keluarga. Namun, akhir-akhir ini tempat ini menjadi populer sebagai objek wisata dengan nuansa cowboy. Berkolasi di ketinggian 1242 mdpl, Anda bisa sampai di lokasi ini sekitar tiga menit saja dari Alun-Alun Lembang. Disini Anda juga bisa icip-cip kuliner dan berfoto dengan kuda.

19. Farmhouse Lembang


Untuk Anda yang sedang berburu tempat wisata di Bandung dengan konsep baru, tak ada salahnya untuk mengunjungi Farmhouse yang ada di Lembang ini. Objek wisata yang satu ini memiliki lokasi yang strategis dengan banyak spot foto tersedia. Anda juga bisa menyewa kostum ala-ala Eropa untuk membuat momen berfoto Anda semakin menarik.

20. Floating Market Lembang


Berbicara soal tempat wisata di Lembang memang tidak ada habisnya. Jika Anda ingin merasakan sensasi pasar apung yang ada di Barito atau Lok Baintain, Anda bisa menemukannya di Lembang. Bukan hanya memiliki konsep yang menarik, pemandangan sekitar pasar apung ini juga sangat mempesona. Tersedia juga ragam kuliner lezat di pasar apung ini.

Wisata Malam Bandung

Bukan hanya wisata yang menyenangkan untuk dinikmati di siang hari saja, ada juga tempat wisata di Bandung yang menarik di malam hari. Jadi, jika Anda masih merasa belum puas berjalan-jalan di siang hari, tak ada salahnya untuk menghabiskan malam di Bandung, tepatnya di beberapa tempat wisata malam berikut ini.

21. Dago Tea House


Tempat wisata di Bandung yang wajib Anda kunjungi saat malam hari adalah Dago Tea House. Tempat wisata yang satu ini telah menjadi ikon rumah budaya di Jawa Barat. Selain menikmati hangatnya kopi sembari melihat kota Bandung dari atas awan, Anda juga bisa menikmati suguhan kesenian yang ada disini seperti teater taman dan sanggar tari.

22. Dusun Bambu


Sebenarnya Dusun Bambu juga menjadi tempat wisata menarik di siang hari karena pemandangannya yang begitu memukau. Tetapi, Anda juga menjadikannya sebagai pilihan berwisata alam di malam hari. Anda bisa bermalam disini dan menikmati momen yang indah bersama pasangan. Tentu bermalam di tempat wisata di Bandung yang anti mainstream ini meninggalkan kesan tidak terlupakan.

23. Gedung Sate


Jika di malam hari Anda tidak ingin pergi jauh-jauh dari pusat kota Bandung, rasanya Gedung Sate bisa menjadi pilihan yang tepat. Tempat yang ramai dikunjungi saat malam hari ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk ngobrol dan bersantai. Selain itu, Anda juga bisa menikmati indahnya gedung bersejarah yang ada di kota kembang ini.

24. Puncak Ciumbuleuit


Jika Anda lebih tertarik dengan tempat wisata di Bandung yang menyuguhkan indahnya kota Bandung di malam hari, Puncak Ciumbuleuit bisa menjadi pilihan terbaik lainnya. Kawasan ini sangat ramai saat malam hari karena menjadi spot favorit untuk melihat indahnya gemerlap Kota Bandung saat matahari telah terbenam.

Wisata Murah Meriah di Bandung

Untuk Anda yang tidak ingin mengeluarkan banyak budget saat berjalan-jalan di Kota Bandung, ada beberapa tempat wisata menarik yang murah meriah disini. Meskipun harganya murah, Anda tetap bisa menghabiskan liburan menyengkan bersama orang tersayang disini. Berikut ini beberapa tempat wisata di Bandung yang kami rekomendasikan.

25. Air Panas Ciater


Ingin menghangatkan diri tanpa membuat kantong bolong? Anda perlu mencoba berkunjung ke Air Panas Ciater. Menariknya, air panas yang ada di tempat wisata ini berasal dari Gunung Tangkuban Perahu. Konon, berendam di air panas ini bisa membantu mengeluarkan racun dalam tubuh, menyembuhkan penyakit kulit, dan mengobati rematik. Dan tiket masuknya hanya Rp 15.000 saja!

26. Dago Dream Park


Hanya dengan merogoh kocek sebanyak Rp 20.000 saja, Anda sudah bisa menikmati keindahan yang disuguhkan Dago Dream Park. Tempat wisata di Bandung ini dikelilingi dengan pohon pinus dan memiliki banyak spot foto menarik. Tersedia juga berbagai wahana yang bisa Anda coba. Berlibur bersama keluarga pun akan menyenangkan disini.

27. Taman Hutan Babakan Siliwangi


JIka Anda mencari destinasi wisata murah atau bahkan gratis, rasanya Taman Hutan Babakan Siliwangi bisa menjadi pilihan menarik. Anda juga tidak perlu keluar dari kota Bandung untuk menikmati indahnya nuansa alam ini. Tempat ini menyuguhkan pengalaman berjalan di tengah hutan yang menyegarkan. Berkunjunglah di pagi hari untuk merasakan sensasi yang mengesankan.

Wisata Kuliner di Bandung

Buat Anda pecinta kuliner tentu berwisata tanpa mencoba makanan daerah setempat tidak akan lengkap. Di Bandung sendiri, ada cukup banyak tempat wisata kuliner yang bisa dijadikan pilihan. Makanan yang disediakan pun sangat menggugah selera. Harganya pun beragam, jadi Anda tidak perlu takut kantong bolong sebab bisa disesuaikan dengan budget.

28. Sapulidi Lembang


Jika Anda sedang berada di kawasan Lembang, tempat wisata di Bandung yang satu ini bisa menjadi pilihan wisata kuliner yang menarik. Memiliki slogan “back to nature”, kawasan kuliner Sapulidi ini menyita perhatian dengan konsepnya yang unik. Disini Anda bisa menikmati berbagai jenis makanan di saung bamboo atau bale yang berada di dekat danau dan persawahan.

29. Kampung Daun


Anda sedang mencari tujuan wisata bersama pasangan? Menambahkan Kampung Daun ke dalam list tempat kunjungan bisa menjadi pilihan yang tepat. Disini Anda bisa menikmati dinner romantis bersama pasangan. Saat malam hari, kawasan Kampung Daun akan diterangi obor dan lampu di tepi jalan. Karena itu tempat wisata di Bandung ini cocok untuk bersantap malam bersama pasangan.

30. Bale Gazebo


Jika Anda berkunjung ke kawasan Gedung Sate, sempatkan untuk mencoba makanan di Bale Gazebo. Tempat makan dengan konsep trandisional ini menyajikan berbagai masakan Sunda. Makanan di restoran ini dihidangkan menggunakan tampah, wadah anyaman bamboo, dan daun pisang. Jika Anda penasaran ingin mencoba nasi timbel dan tutug oncom, Anda juga bisa menemukannya disini.

Wisata Belanja di Bandung

Tidak lengkap rasanya jika ke Bandung tanpa mampir sejenak untuk berbelanja. Bukan rahasia lagi jika Bandung merupakan surganya Fo dan distro. Selain beberapa tempat wisata di Bandung yang sudah disebutkan, ada banyak wisata belanja juga tersedia disini. Berikut ini beberapa pilihan tempat wisata belanja yang bisa Anda kunjungi.

31. Gang Tamim


Gemar mengkoleksi jeans? Atau ingin membeli jeans berkualitas dengan harga miring? Anda harus datang ke Gang Tamim. Disini Anda bisa menemukan berbagai jenis jeans berkualitas dengan harga mulai dari Rp 100.000 saja. Jenis bahan yang tersedia pun sangat beragam, jadi Anda tidak perlu kuatir saat berbelanja disini.

32. Jalan Cihampelas


Jalan Cihampelas telah berhasil menjadi salah satu ikon tempat wisata di Bandung. Tujuan wisata belanja favorit para pelancong ini selalu padat karena kepopulerannya. Jika Anda tertarik membeli oleh-oleh kaos dengan kata-kata lucu nan menggelitik, disinilah tempatnya. Selain itu, Anda juga bisa menemukan berbagai pusat oleh-oleh untuk berburu makanan khas Bandung seperti peyeum dan keripik tempe.

33. Pasar Cibaduyut


Berbicara soal tempat wisata untuk berbelanja di Bandung, Pasar Cibaduyut tentu tak akan terlewatkan. Pasar yang menjadi pusatnya sepatu dan tas ini wajib Anda kunjungi saat berburu oleh-oleh di Kota Bandung. Produk yang diproduksi di kawasan ini terkenal dengan keawetannya, jadi tak perlu kuatir untuk berbelanja kebutuhan Anda disini.

Itulah beberapa tempat wisata yang ada di Kota Bandung. Terdapat berbagai tempat wisata mulai dari wisata alam hingga wisata belanja di Bandung. Dan setelah Anda selesai berjalan-jalan dan berbelanja, tersedia juga berbagai pilihan wisata kuliner yang lezat. Jadi, jangan ragu untuk berkunjung ke tempat wisata di Bandung yang kami rekomendasikan diatas!
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar